Sukses

Lifestyle

5 Tips Memilih Teman agar Tidak Terjebak dalam Pertemanan Beracun

Fimela.com, Jakarta Memilih teman sangat penting agar kehidupan dan hubungan kita dengan orang lain juga berlangsung baik. Sembarangam memilih teman juga bisa membuatmu terjebak dalam hubungan veracun bahkan merugikanmu. Jadi, kita harus pandai memilih dengan siapa kita berteman, seban siapa temanmu adalah cerminan dirimu sendiiri.

Berikut ini beberapa tips memilih teman bergaul yang baik agar tidak terjebak dalam pertemanan beracun.

1. Teman yang membantumu mengendalikan diri

Salah satu ciri teman yang baik adalah orang yang bisa membantumu mengendalikan diri dengan baik. Misalnya saat kamu merasa marah, merasa sedih atau bahkan saat tergoda untuk membeli barang secara boros, mereka tahu cara memperingkatkanmu dengan baik. Bukan malah sebaliknya, teman yang memanas-manasimu untuk melakukan kebiasaan buruk.

2. Teman dengan nilai yang sama

Salah satu kriteria memilih teman yang baik adalah carilah seseorang yang memegang nilai dan prinsip hidup yang sama. Walaupun semua orang punya pandangan hidup yang berbeda, namun setidaknya carilah yang tidak berbeda jauh darimu. Saat kamu punya nilai yang sama dengan orang lain, kamu akan lebih saling memahami juga saling membantu memegang teguh prinsip itu.

3. Teman yang bisa dipercaya

Kejujuran adalah kunci utama dalam semua hubungan, khususnya pertemanan. Carilah seseorang yang bisa dipercaya, sehingga saat kamu menceritakan sesuatu kepada mereka, mereka tidak akan menyebarkan rahasia itu pada orang lain. Mereka tidak berpura-pura baik di depanmu namun membicarakanmu di belakang.

4. Jangan berteman dengan orang yang suka mengeluh

Orang yang tukang mengeluh sebenarnya bukan orang yang jahat. Namun berkawan dengan mereka bisa menyedot energimu. Keluhan adalah muatan yang sangat negatif. Mereka yang suka mengeluh umumnya pesimis dan mudah menyerah. Jika kamu memiliki mental kuat dan justru ingin membantu si teman, silakan dekati mereka. Tetapi, bila kamu sendiri masih kesulitan untuk menjaga optimisme, sebaiknya pertimbangkan berteman dengan orang seperti itu.

5. Pilih teman yang bisa menghargaimu

Sepasang sahabat tidak harus punya pandangan yang sama. Namun sepasang sahabat idealnya bisa saling menghargai. Orang yang bisa menghargai orang lain tak mesti setuju dan mendukung pikiran kita. Hanya saja, mereka tidak akan mencemooh atau menjauhi kita hanya karena pandangannya berbeda.

Nah, itulah sekian tips untuk memilih teman yang baik agar kamu tidak terjebak dengan orangyang beracun. Mencari teman yang baik itu juga sangat penting, karen asedikit tidak mereka akan memengaruhi kualitas hidupmu.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading