Sukses

Lifestyle

5 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri saat Merasa Berbeda dari Perempuan Lain

Fimela.com, Jakarta Berbeda dari kebanyakan perempuan lain kadang bisa membuat kita merasa rendah diri. Kita merasa terasingkan, bahkan sangat kesepian. Entah itu perbedaan soal pendidikan, pekerjaan, pernikahan, hingga berbagai pilihan hidup lain, merasa berbeda dari kebanyakan perempuan lain tak semestinya menghilangkan rasa percaya dirimu.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk meningkatkan rasa percaya dirimu. Bisa dimulai dari cara yang menurutmu paling nyaman dan bisa langsung dilakukan saat ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Kenakan Pakaian yang Membuatmu Merasa Paling Nyaman

Kenakan pakaian terbaikmu. Pilih baju yang membuatmu nyaman dan bahagia saat mengenakannya. Saat kita merasa senang dan nyaman dengan baju atau penampilan kita, biasanya rasa percaya diri akan meningkat dengan sendirinya. Kenyamanan menjadi faktor penting untuk meningkatkan rasa percaya dirimu. Jadi, coba deh sekarang kenakan baju atau pakaian yang membuatmu merasa paling nyaman.

2. Ciptakan Jadwal Rutinitasmu Sendiri

Punya rutinitas sendiri dan menjaga produktivitas dengan baik bisa bantu meningkatkan kepercayaan diri tinggi. Daripada terus sibuk dan stres sendiri saat membanding-bandingkan diri dengan orang lain, mending menyibukkan diri dengan kegiatan atau aktivitas yang kita sukai. Memiliki rutinitas juga bisa  bantu mengurangi rasa cemas berlebihan. Setiap pekerjaan dan tugas yang berhasil kamu selesaikan dalam rutinitasmu bisa membuatmu lebih percaya diri.

3. Mendisiplinkan Diri dengan Kebiasaan-Kebiasaan Baik

Kebiasaan makan, kebiasaan tidur, olahraga, hingga kebiasaan dalam bekerja dan menjalani rutinitas, bisa dijadwalkan dan diatur dengan seimbang. Kesehatan tubuh dan mental bisa saling berkaitan satu sama lain. Bila selama ini kita bingung cara meningkatkan rasa percaya diri karena merasa berbeda dari kebanyakan perempuan, kita bisa mengawalinya dengan membangun kebiasaan sehat untuk diri kita sendiri.

4. Tekuni Sebuah Bidang yang Paling Disukai

Melansir laman lifehack.org, tingginya rasa percaya diri memberi sudut pandang positif terhadap diri sendiri. Dengan rasa percaya diri yang tinggi ini, kita tak mudah merasa putus asa atau menyerah ketika dihadapkan pada situasi sulit. Untuk bisa menghadirkan sudut pandang positif terhadap diri sendiri bisa dimulai dengan menekuni sebuah bidang yang paling kamu sukai. Dengan begini, kamu akan terus termotivasi untuk menggali dan mengasah potensi serta kemampuan diri. Jadi, tak ada waktu untuk merasa rendah diri karena berbeda dari kebanyakan perempuan lain.

5. Lebih Sering Tersenyum

"Atur ekspresi kita supaya rileks, suara kita lebih lembut, langkah kita lebih terukur; sedikit demi sedikit, kondisi luar akan melunakkan kondisi batin," papar Seneca, seorang filsuf Stoik. Kadang rasa percaya diri menurun karena dibayangi perasaan cemas  berlebihan. Daripada terus murung karena merasa paling berbeda, mending coba untuk lebih tersenyum. Setidaknya cobalah untuk lebih sering tersenyum setiap kali menatap wajah sendiri di cermin.

Merasa berbeda atau menjadi berbeda dari kebanyakan perempuan lain tak perlu membuatmu sedih atau merasa rendah diri berlebihan. Tetap jalani hidupmu sebaik mungkin dengan cara yang paling membuatmu nyaman.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading