Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Kita Tidak Merasa Kesepian

Fimela.com, Jakarta Kesepian bukan berarti berada di tempat yang sepi, tetapi ini lebih ke kondisi mental dimana kamu merasa sendirian dan jauh dari orang lain meskipun kamu bersama banyak orang. Jadi jangan salah, walaupun kita berada di tempat yang ramai, kesepian tetap saja bisa melanda kita.

Kesepian berlebih tak bisa disepelekan karena bisa berdampak serius pada kesehatan mental hingga fisik, sehingga harus diatasi. Kalau kamu sering merasa kesepian, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya.

1. Jangan lari dari masalah

Saat kamu merasa kesepian, jangan pernah menghindar dan berpura-pura kalau kehidupanmu baik-baik saja. Jujurlah tentang apa yang kamu rasakan, kalau tidak bisa jujur pada orang lain setidaknya pada diri sendiri. Kalau kamu saja tidak bisa jujur pada diri sendiri, bagaimana kamu bisa mengatasi kesepian yang kamu rasakan?

2. Jangan menyalahkan dirimu

Jangan memperburuk keadaan dengan menyalahkan atau berpikir negatif tentang dirimu sendiri. Karena saat kita merasa kesepian, kita mudah membuat anggapan kalau kita tak berguna dan merasa tak pantas untuk siapapun. Perasaan seperti ini hanya akan memperburuk keadaan dan sebisa mungkin tetaplah berpikir positif.

3. Menangis

Saat kamu tak bisa lagi membendung kesepian dalam dirimu, bahkan kamu bingung mau menceritakan masalahmu kepada siapa, maka menangislah. Menangis bisa membantumu merasa lebih baik karena menangis dapat menghilangkan stres, rasa sakit dan menenangkan pikiran. Setidaknya, beban pikiranmu akan berkurang.

4. Bercerita pada seseorang

Saat merasa kesepian, kita biasanya menarik diri dari lingkungan sosial kita. Ini tak akan menyelesaikan masalah dan akan membuat kita semakin kesepian. Justru, kamu menjalin hubungan dengan orang lain untuk mengatasinya. Ceritakanlah masalahmu pada seseorang yang kamu percaya, buang keluh kesahmu dan ungkapkan apa saja yang ingin kamu katakan. Dijamin, setelah ini perasaan kamu akan lebih baik dari sebelumnya.

5. Keluar rumah

Jika kamu merasa kesepian, jangan malah menarik diri di dalam kamar dan sibuk dengan media sosial. Lawan rasa kesepianmu dengan keluar rumah dan mencari teman untu diajak berbicara atau kamu bisa mencari kesibukan. Jika kamu terus bergulat dengan ponsel, tentu kamu akan merasa semakin jauh dengan kehidupan nyatamu dan merasa sendirian.

Kesepian adalah perasaan yang normal terjadi pada siapapun, jadi jangan takut saat kamu merasakannya karena kamu bisa mengatasinya dengan tips di atas.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading