Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Sifat Egois dalam Diri Kita

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang tahan bergaul dengan orang yang egois. Orang yang egois biasanya keras kepala, menganggap dirinya paling benar dan tidak pernah peduli pada perasaan orang lain. Orang yang egois sulit berempati karena itulah mereka biasanya dijauhi dalam pergaulan. Jadi, kalau kamu merasa memiliki sifat egois, kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini.

1. Bayangkan dirimu di posisi orang lain

Coba ingat lagi bagaimana sikap kamu pada orang lain, apakah sudah baik atau belum? Jika belum, coba bayangkan jika ada orang yang memperlakukanmu dengan sikap yang tidak baik, tentu saja kamu tak akan menerimanya. Jadi, pikirkan matang-matang sebelum bertindak, jangan sampai sikapmu malah membuat perasaan orang lain terluka.

2. Jangan terlalu sering merepotkan oran lain

Salah satu ciri dari orang yang egois, mereka tidak pernah mau direpotkan tapi sebaliknya mereka selalu ingin semua orang melakukan semua hal untuknya. Jadi, sebisa mungkin kalau masih bisa kamu kerjakan sendiri jangan meminta bantuan orang lain. Ini agar kamu lebih mandiri dan terhindar dari sikap egois.

3. Lebih sering berbagi dan membantu

Orang yang egois biasanya tak mau berbagi dan membantu orang lain, jadi kalau kamu ingin menghilangkan sifat itu kamu harus belajar lebih berempati pada orang di sekitarmu. Dengan begitu, kamu akan jadi lebih peduli dengan mereka.

4. Belajar menerima kritik

Orang yang egois juga suka merasa paling benar sendiri sehingga mereka sulit menerima saran dari orang lain. Jadi, belajarlah untuk melihat segala sesuatu dari sisi poisitifnya. Kritik mungkin terasa menyakitkan, tetapi itu bisa membantumu untuk mengembangkan diri lebih baik lagi.

5. Hormati hak orang lain

Semua orang memiliki hal yang sama dengan kita, misalnya hak untuk berbicara dan melakukan apa yang mereka suka. Sebagaimana kamu ingin dihormati, orang lain juga membutuhkan hal yang sama. Jadi, jika kamu ingin dihargai, maka hargailah orang lain terlebih dahulu.

Memiliki sifat yang egois tidak hanya akan merugikan orang lain tapi dampaknya juga terhadap diri kita sendiri. Kita akan dijauhi dan dianggap merugikan bagi kehidupan orang, karena tidak ada orang yang mau berteman dengan orang yang egois.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading