Sukses

Lifestyle

5 Tips Mewujudkan Resolusi Tahun Baru 2022, Coba Lebih Realistis

Fimela.com, Jakarta Tak terasa, Tahun Baru 2022 sudah di depan mata. Untuk menyambut pergantian tahun, beberapa orang biasanya menyusun berbagai resolusi baru yang akan diraih dalam waktu satu tahun ke depan.

Meski terdengar sepele, membuat resolusi tahun baru memiliki banyak manfaat. Di antaranya meningkatkan kualitas diri agar lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan membuat diri kita sehat secara mental karena memiliki tujuan dan arah hidup.

Namun pada kenyataanya, sangat banyak resolusi yang tidak berjalan sesuai rencana. Lalu, bagaimana cara tepat membuat resolusi tahun baru agar dapat terwujud? Simak tips-tipsnya dari para ahli berikut ini.

 

1. Coba lebih realistis atur rencana

Salah satu alasan mengapa resolusi Tahun Baru selalu gagal adalah karena orang cenderung menetapkan tujuan besar, lalu hanya mengikutinya selama beberapa hari atau minggu. Alih-alih tercapai, resolusi yang tidak bisa wujudkan pada akhirnya hanya menimbulkan perasaan cemas dan stres.

Oleh karena itu, ahli saraf kognitif, Caroline Leaf menyarankan untuk membuat resolusi yang lebih realistis. Pasalnya, resolusi yang realistis dapat mengurangi kecemasan, stress, dan pemikiran yang beracun. Untuk itu, mulailah dari hal kecil dan jaga tetap realistis saat menyusun resolusi.

2. Berhati-hati saat memilih kata-kata

Psikolog klinis di Sonoma County, California, Carla Marie Manly, mengatakan bahwa ketika membuat resolusi pastikan kamu memilih kata-kata seperti “Saya ingin” daripada “Saya harus”.

Sebab, kata harus itu terasa seperti sebuah “keharusan” yang apabila tak tercapai akan menyebabkan rasa kekecewaan yang mendalam dan merasa gagal. Sehingga pada akhirnya, kamu akan kehilangan motivasi untuk berusaha mewujudkan resolusi-resolusi lainnya.

3. Jadikan rutinitas

Kunci agar resolusi tercapai adalah memasukkannya ke dalam rutinitas. Psikiater, Dion Metzger mengungkapkan kebanyakan orang merasa cukup ketika sudah menulis resolusi alih-alih mewujudkannya. Padahal, apa yang seharusnya sudah direncanakan sebaiknya dilakukan.

Agar seseorang konsisten untuk mewujudkan rutinitas mereka, Dion Metzger percaya seseorang harus menjadikan resolusi sebagai rutinitas. “Segera memulainya, jangan menunggu mulai hari Senin. Kamu bisa mulai dari sekarang,” ujarnya, dikutip Real Simple.

4. Siapkan kebiasaan baru

Jika kamu memiliki resolusi yang berkaitan menciptakan kebiasaan hidup lebih sehat, maka segera siapkan kebiasaan baru tersebut dengan mengurangi stok minuman manis di kulkas dan menggantinya dengan sayur-sayuran hingga buah-buahan.

“Saat jiwa belajar bahwa ada pengganti yang tersimpan saat kebiasaan lama dilepaskan, ini akan memudahkan kamu menerima perubahan,” ujar Manly.

5. Fokus pada rasa syukur

Kunci lain agar resolusi dapat tercapai adalah menerima semua yang kamu miliki dengan rasa syukur. Alih-alih memikirkan resolusi yang tak tercapai di tahun sebelumnya, cobalah tulis semua yang terjadi di tahun lalu yang membuat kamu bahagia.

Pikirkan juga apa yang kamu lalui dalam setahun belakangan dan bagaimana kamu bisa melaluinya sekarang. Lalu bersyukurlah atas pencapaian-pencapaian kecil yang bisa kamu lakukan.

 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading