Sukses

Lifestyle

Kumpulan Cara Awet Muda dan Meningkatkan Panjang Umur Kita

Fimela.com, Jakarta Tak ada yang salah jika kita terlihat dan merasa sedikit lebih tua. Sebab garis senyum itu membuktikan jika kita telah menjalani kehidupan yang penuh kegembiraan.

Tetapi jika kita ingin meningkatkan umur panjang dan menjaga diri tetap awet serta berjiwa muda selama bertahun-tahun yang akan datang, cobalah  11 cara yang disetujui para ahli ini seperti melansir dari shape.com;

1. Beri diri sendiri istirahat

Studi terbaru menunjukkan stres menyebabkan perubahan fisik pada tubuh dan mempercepat penuaan. Lonjakan hormon adrenalin dan kortisol menyebabkan tekanan darah meningkat dan jantung berdetak lebih cepat.

Nah, saat stresor tampak tak henti-hentinya (tekanan pekerjaan, masalah keuangan, kemacetan), dosis adrenalin dan kortisol kronis sangat merugikan kesehatan fisik dan emosional.

Cara awet muda yang paling efektif menurut Herbert Benson, MD, penulis The Relaxation Response adalah bermeditasi. Sekali atau dua kali sehari, selama 10-20 menit, duduk di tempat tenang, pejamkan mata, rilekskan otot, putar kepala, leher, dan bahu, lalu tarik napas dalam-dalam.

 

 

2. Lemak Baik

Jenis yang sehat tentunya seperti asam lemak omega-3 seperti ditemukan dalam salmon, kenari, dan biji-bijian yang akan membantu menstabilkan suasana hati, menjaga kekuatan tulang, dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan yang terlihat dengan mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Cara awet muda: Ketua divisi anestesiologi di Klinik Cleveland di Ohio mengatakan hampir setiap ahli setuju jika kita membutuhkan dua gram asam lemak omega-3 setiap hari. Makan banyak ikan berlemak seperti salmon (porsi 3 ons atau 6,9 gram), kenari (9,2 gram), dan jika tidak mendapatkan cukup omega-3 dari diet, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan.

 

3. Bergerak

Olahraga teratur tidak hanya dapat membantu menurunkan berat badan, mengencangkan otot, dan membangun tulang yang lebih sehat. Studi yang dikutip oleh National Institute on Aging menunjukkan hubungan antara latihan fisik dan kekuatan otak yang lebih baik.

Cara tetap awet muda: Luangkan waktu tiga kali latihan 20 menit seminggu. Seperti rutinitas 20 menit dari pelatih selebritas Lacey Stone, seperti berlari, bersepeda, berenang, menari, dan apa saja yang paling kita sukai.

 

4. Rasakan cinta

Siapa pun yang pernah jatuh cinta atau menemukan aktivitas yang membuat mereka ingin bangun dari tempat tidur di pagi hari tahu bahwa gairah menjadi obat yang ampuh. Gail Sheehy dalam bukunya Sex and the Seasoned Woman mengatakan jika cinta adalah motivasi utama dari semua aktivitas manusia. 

Cara tetap awet muda: Hilangkan kebosanan dan keterasingan dengan cara apa pun. Nyalakan kembali gairah dengan pasangan kita, atau memulai program dan hobi baru yang membuat kita merasa berenergi dan hidup.

 

5. Lakukan yoga

Lebih banyak energi, postur yang lebih baik, fleksibilitas yang lebih besar, dan suasana hati lebih baik hanyalah beberapa manfaat dari latihan pikiran-tubuh ini. Berlatih yoga atau aktivitas mind-body lainnya setidaknya dua minggu sekali memberi dorongan energi, membangun massa tulang, dan menghilangkan stres menurut pendiri OM Yoga Cyndi Lee.

#ElevateWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading