Sukses

Lifestyle

5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita terlalu menutut diri kita untuk selalu sempurna dalam segala hal, dan saat semuanya tak berjala sesuai dengan keinginan, kita jadi mudah menyalahkan diri sendiri. Belum lagi sikap kita yang suka membandingkan diri dengan orang lain dan tidak bersyukur atas apa yang kita miliki semakin membuat kita jauh dari kata damai. Inilah pentingnya untuk selalu memaafkan diri sendiri. Lalu, bagaimana cara berdamai dengan diri sendiri? Simak ulasannya di sini!

1. Akui kesalahanmu

Kalau kamu tidak mau jujur pada orang lain, setidaknya jujurlah pada diri sendiri. Melakukan kesalahan bukan akhir dari segalanya dan itu juga bukan tanda dari kegagalan. Saat kamu berani jujur pada diri sendiri, itu akan membuatmu lebih mudah berdamai dengan diri sendiri.

2. Jangan menyalahkan diri sendiri

Tidak ada orang yang luput dari kesalahan, karena tak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Menyalahkan diri sendiri secara berlebihan bisa membuatmu jadi tak bersemangat dalam beraktivitas. Daripada terus menerus memikirkan kesalahan, coba alihkan pikiranmu ke hal lain yang lebih positif.

3. Berusaha berpikir positif

Normal saja, kalau kamu menyesali kesalahan, tetapi jangan sampai hal itu membuatmu berpikir negatif tentang dirimu sendiri sehingga merasa kalau kamu tidak berharga dan tidak berguna. Coba hilangkan pikiran negatifmu dengan mengingat hal baik yang pernah kamu lakukan, setidaknya itu akan membuat hidupmu merasa lebih bermakna.

4. Curhat pada orang yang kamu percaya

Merasa bersalah secara berlebihan bisa membuatmu merasa tertekan sehingga kamu perlu melegakan pikiranmu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah menceritakan masalahmu pada orang lain. Curhat pada orang lain adalah salah satu cara paling mudah untuk meringankan beban pikiran.

5. Belajar merelakan

Ihlas adalah salah satu cara untuk merelakan kesalahan yang pernah kamu lakukan. Percayalah bahwa semua pasti akan berlalu dan setiap masalah pasti selalu ada solusinya. Dengan begitu kamu akan jadi orang yang lebih mudah memaafkan diri sendiri.

Memaafkan diri sendiri adalah salah satu cara untuk menunjukkan kasih sayang dan cinta pada diri sendiri. Jangan lupa untuk memaafkan diri sendiri baik kesalahan itu besar maupun kecil.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading