Sukses

Lifestyle

5 Tips Pintar Matematika, Pahami Konsep Dasar adalah Kunci

Fimela.com, Jakarta Matematika adalah pelajaran yang sulit bagi banyak orang. Tidak semua orang bisa menjadi ahli dalam Matematika. Tapi meski begitu, Matematika selalu menjadi tolok ukur dari kecerdasan siswa di sekolah.

Walau memang setiap orang memiliki bakat dan minat yang tidak selalu harus berhubungan dengan Matematika, tapi tetap saja Matematika sebenarnya bisa dipahami oleh siapapun yang mau berusaha.

Berangkat dari hal tersebut, ada berbagai macam hal yang bisa dilakukan agar kamu bisa menjadi seseorang yang pintar dalam pelajaran Matematika.

Berikut ini tips agar pintar Matematika yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Percaya diri

Kepercayaan diri adalah salah satu kunci penting untuk dapat memahami dan menyelesaikan soal Matematika dengan lebih cepat.

Keraguan membuatmu tidak mempercayai diri sendiri. Itulah mengapa, agar dapat menguasai Matematika, kamu harus percaya pada dirimu terlebih dahulu. Yakini bahwa kamu pasti bisa memecahkan pertanyaan yang ada.

2. Bermain dengan imajinasi

Matematika pada dasarnya membutuhkan bayangan. Kamu perlu memiliki imajinasi yang baik agar dapat membayangkan konsep rumus dengan baik.

Apabila kamu bisa menggunakan imajinasimu, maka bukan tidak mungkin kamu akan bisa memecahkan masalah Matematika setelah memahami konsep rumusnya.

 

3. Berlatih terus-menerus

Ingat selalu bahwa untuk bisa menguasai suatu hal, kamu perlu latihan yang matang. Latih terus kemampuan Matematikamu, cari celah kekuranganmu, pahami kesalahan-kesalahanmu.

Jika kamu sudah berlatih sungguh-sungguh dan terus mengembangkan kemampuanmu, maka pintar Matematika bukan lagi impian kosong belaka.

4. Memahami konsep dasarnya

Pahami terlebih dahulu logika dari setiap rumus. Jika kamu memahami logika atau konsep terdasar dari suatu rumus, kamu akan bisa menjawab masalah Matematika lainnya.

Memahami adalah hal yang penting. Jangan hanya mengapal. Sebab, kamu bisa melupakannya. Dasar dari sebuah konsep membuat kamu tahu pondasi dari suatu rumus dan alasan di baliknya.

 

5. Jangan menghilangkan dasa-dasar Matematika

Dasar adalah segalanya dalam Matematika. Dasar Matematika memiliki tingkatan yang berbeda-beda, dipelajari pula ketika kamu berada di tingkatan yang berbeda. Jangan kehilangan dasar-dasar Matematika yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Misal, akan ada konsep tertentu yang hanya mengalami perkembangan dari materi yang dipelajari saat kelas 10 SMA hingga 12 SMA. Nah, jangan lupakan dasar-dasar ini. Kalau tidak, kamu terpaksa harus mempelajarinya lagi dari awal.

6. Menjadikan lingkungan sebagai media belajar

Matematika memang hal yang abstrak, tapi banyak sekali dasar dari pembelajarannya berasal dari dunia nyata dan kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menjadikan lingkungan sekitarmu sebagai media belajar dengan melakukan perhitungan menggunakan rumus-rumus Matematika.

Dengan melakukan latihan seperti ini, kamu akan terbiasa berpikir dengan cara Matematika. Maka, kamu pun bisa semakin pintar dalam pelajaran yang tergolong rumit ini.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading