Sukses

Lifestyle

Bingung Harus Mulai Dari Mana? Inilah 5 Tips Praktis untuk Lakukan Decluttering

Fimela.com, Jakarta Di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, segala aktivitas sehari-hari banyak dilakukan di rumah. Mulai dari bekerja, sekolah, hingga berbelanja. Aktivitas ini membuat rumah menjadi terasa penuh. Oleh karena itu, penting untuk kamu memiliki ruang yang cukup agar dapat menjalankan kegiatan dengan leluasa.

Berangkat dari hal tersebut, bagus untuk memiliki resolusi baru di tahun 2022 berupa memiliki rumah bersih, rapi, dan ruang yang cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Hal yang harus dilakukan untuk mencapai resolusi tersebut adalah decluttering.

Decluttering memungkinkanmu menemukan ruang yang sebelumnya tidak pernah diduga ada karena dipenuhi barang tidak berguna. Kegiatan decluttering juga berguna untuk menciptakan ruang baru yang dapat menunjang rutinitas dan hobi barumu.

Tapi bukan hanya sekadar kegiatan bersih-bersih, decluttering merupakan kegiatan menyortir barang yang dimiliki, menyisihkan barang yang tidak digunakan dan mengetahui barang apa saja yang harus disimpan, sehingga membuat rumah menjadi lebih rapi dan nyaman.

Jika kamu bingung harus memulai decluttering dari mana, berikut ini tips praktis dari IKEA yang bisa membantu kegiatan decluttering.

1. Mulai dari satu area terlebih dahulu

Untuk lebih fokus saat melakukan decluttering, kamu bisa memulai dari area rumah yang paling membutuhkan perubahan, seperti ruang tamu, ruang kerja, kamar tidur, atau dapur.

Kamu bisa menggunakan rak penyimpanan serbaguna seperti EKENABBEN yang fungsional dan serbaguna serta cocok digunakan untuk ruangan apapun. Lakukan satu per satu dan secara perlahan.

2. Gunakan metode empat kotak

Untuk melakukan metode ini, kamu harus mempersiapkan empat kotak kosong untuk membantu kamu menyortir barang-barang yang akan disimpan, dibuang, didonasikan, atau diperbaiki.

Untuk melakukan metode empat kotak ini, kamu dapat menggunakan TJENA, kotak penyimpanan dengan tutup yang terbuat dari karton dan memiliki tempat genggaman yang nyaman untuk dipindahkan ke mana saja. Kotak ini akan mempermudah kamu saat menyortir barang-barang.

3. Letakkan satu kotak khusus untuk menyimpan barang tertentu

Setelah melakukan metode empat kotak, ambil satu kotak khusus dan namai kotak itu menjadi “maybe box”. Kamu dapat mengisi kotak ini dengan barang-barang yang kamu anggap sewaktu-waktu bisa diperlukan atau merasa sayang untuk dibuang.

Kamu dapat menggunakan kotak warna warni dan berpola lucu seperti, UPPRYMD dan DRONA dari IKEA untuk membedakan barang-barang sesuai dengan kategorinya.

Letakkan di tempat yang dapat kamu jangkau, dan jika dalam tiga bulan kamu tidak menggunakan barang dari kotak tersebut, maka itu tandanya untuk mengucapkan selamat tinggal pada mereka.

 

4. Atur lemari dengan menggunakan organizer

Pilihlah barang-barang yang diperlukan. Setelah itu, ini saatnya untuk mengatur barang-barang tersebut. Lemari akan sangat berguna untuk menyimpan barang-barang agar terlihat rapi. Selain itu, kotak kecil atau sekat pemisah seperti SKUBB, STUK, dan RASLA dapat membantu kamu untuk menaruh barang-barang kecil di dalam lemari.

Selalu ingat untuk mengembalikan barang di tempat semula agar lemari kamu tetap rapi dan terorganisir.

5. Menjadikan decluttering sebagai rutinitas

Untuk mencegah penumpukan barang terulang lagi, ada baiknya kita melakukan decluttering secara konsisten setiap tiga atau enam bulan sekali. Dengan mengimplementasikan tips yang telah dibagikan, kini merapikan rumah akan menjadi cepat dan tidak melelahkan.

Rutinitas decluttering juga akan membantu kamu untuk mencari barang dengan cepat, serta menciptakan suasana rumah yang aman, nyaman, serta higienis.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading