Sukses

Lifestyle

5 Cara Menjadi Perempuan Berjiwa Dewasa tanpa Rasa Insecure

Fimela.com, Jakarta Meski rasa insecure masih sering menghampiri dan kita alami, kita masih bisa berproses jadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Sebagai perempuan, kita memang akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan tuntutan baru dari waktu ke waktu. Belum lagi dengan  berbagai tekanan sosial yang ada dan membuat kita mudah merasa insecure. 

Bagaimana pun hidup tetap layak dan perlu diperjuangkan. Kita masih dan akan selalu punya kesempatan untuk menjadi perempuan berjiwa dewasa tanpa rasa insecure berlebihan. Ada beberapa cara dan langkah awal yang bisa diambil dan dicoba.

1. Ikut Bahagia dengan Kebahagiaan Orang Lain

Cobalah untuk ikut bahagia saat melihat atau mendengar ada orang lain yang bahagia. Ada yang baru menikah, doakan kebahagiaannya bisa bertambah. Ada yang baru mendapat pekerjaan atau membuat pencapaian baru dalam hidup, ucapkan selamat dan doakan rencananya senantiasa dilancarkan. Nantinya akan ada energi positif baru yang bisa kita dapatkan dan ini bisa membuat kita tidak gampang merasa insecure.

2. Mengelola Emosi dengan Sehat

Mengutip buku How to Respect Myself, orang yang mampu mengontrol emosi dengan baik memahami apa, sebesar apa, dan apa dampak emosi yang dirasakannya. Orang yang bisa mengontrol emosi dengan baik tidak akan bertindak sembarangan saat emosi sedang tinggi. Ini merupakan ciri khas yang bisa ditemukan pada orang yang punya kontrol yang baik dalam mengelola emosinya. 

3. Mengandalkan Diri Sendiri untuk Bahagia

Melalui hal-hal sederhana atau cara-cara mudah, kita bisa ciptakan kebahagiaan kita sendiri. Kita tahu cara ternyaman membuat diri kita bisa merasakan dan mendapatkan kebahagiaan kita sendiri. Tidak terus menerus bergantung pada satu orang saja untuk membuat kita merasakan bahagia. Sebab kita punya kendali lebih besar untuk menjadi orang pertama yang membuat diri kita kembali tersenyum. Lebih mandiri dalam menciptakan kebahaagiaan, makin dewasa jiwa kita.

4. Ikhlaskan yang Tak Bisa Digenggam Lagi

Bagi kita yang sejak kecil tak pernah dilatih atau diajari cara untuk belajar rela dan ikhlas, ini bisa jadi sebuah tantangan tersendiri. Kita bisa begitu ambisius mencapai sesuatu, tapi bisa begitu kebingungan saat mengalami kegagalan. Maka, penting untuk menyadari satu hal ini: lepaskan hal-hal yang di luar kendalimu. Ikhlaskan hal-hal yang sudah tidak bisa digenggam lagi agar tidak rentan mengalami insecure berlebihan lagi.

5. Cukupi Kebutuhan dengan Mandiri

 Bisa mencukupi kebutuhan diri dengan mandiri memudahkan kita menjadi perempuan yang lebih dewasa lagi. Sehingga ketika kita merasa berada di titik terendah atau insecure, setidaknya kita gampang panik. Kalau memang merasa butuh bantuan profesional, kita pun akan mengusahakannya.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, cara apa yang paling efektif untuk menjadi perempuan berjiwa dewasa tanpa rasa insecure? Yuk, bagi kiat dan tips terbaikmu di sini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading