Sukses

Lifestyle

Punya Destinasi Terkenal Cappadocia, Ini Alasan Turki Ganti Nama Jadi Türkiye

Fimela.com, Jakarta Cappadocia akhir-akhir ini tengah ramai dibicarakan karena serial Layangan Putus yang diperankan oleh Putri Marino, Reza Rahardian, dan Anya Geraldine. Destinasi wisata yang terkenal dengan balon udara tersebut sendiri terletak di negara Turki.

Negara Turki sendiri resmi mengubah namanya pada bulan Desember menjadi Türkiye (ketika ejaan bahasa Inggris digunakan). Lalu apa alasannya negara tersebut mengganti namanya?

TRT World melaporkan, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengeluarkan surat edaran pada awal Desember yang membuat perubahan untuk melestarikan nilai-nilai yang berasal dari sejarah bangsa Turki yang mengakar.

Erdogan sapaan Presiden Türkiye menyapikan jika keputusan itu dibuat untuk lebih mencerminkan budaya dan tradisi negara tersebut. Alasan nama negara tersebut diubah juga karena menggambarkan nilai-nilai bangsa Turki dengan cara terbaik.

“Ungkapan Türkiye mewakili dan mengekspresikan budaya, peradaban, dan nilai-nilai bangsa Turki dengan cara terbaik,” kata surat edaran itu melansir travelwaits.

Türkiye juga sudah digunakan, misalnya saja frasa 'Made in Türkiye' sekarang digunakan sebagai ganti 'Made in Turkey' pada produk ekspor negara dengan dua benua tersebut, Erdogan mengatakan hal ini merupakan kebanggaan negaranya dalam perdagangan internasional.

Lalu grup pariwisata nasional telah mengubah nama situs webnya menjadi goturkiye.com.

Surat edaran itu mengatakan perubahan itu mencerminkan pengalaman ribuan tahun. Kata bahasa Inggris berarti tanah Turki, dan frasa Türkiye berasal dari abad ke-14.

“Langkah berharga lainnya telah diambil untuk memperkuat merek Turki,” kata direktur komunikasi negara itu, Fahrettin Altun, tentang perubahan nama tersebut.

Langkah ini tidak mengejutkan karena Majelis Eksportir Turki mulai menggunakan Made in Türkiye pada labelnya mulai Januari 2020.

Alasan lain pengubahan nama

Mungkin ada alasan lain untuk perubahan itu. Seperti yang ditunjukkan TRT World, pencarian bahasa Inggris untuk informasi tentang "Turki" membawa banyak hasil yang tidak terkait dengan negara tersebut.

“Ketik 'Turki' ke Google, akan mendapatkan kumpulan gambar, artikel, dan definisi kamus yang membingungkan yang menggabungkan negara dengan Meleagris — atau dikenal sebagai kalkun, burung besar asli Amerika Utara — yang terkenal dengan sajiannya pada menu Natal atau makan malam Thanksgiving,” TRT World melaporkan.

Mencarinya di kamus, kalkun juga akan mendapatkan hasil yang mencakup "orang bodoh atau konyol" atau "sesuatu yang gagal dengan buruk."

#women for women

What's On Fimela
Loading