Sukses

Lifestyle

Jalan Hidup Tiap Orang Berbeda, Berdamailah dengan Keadaan dan Berbahagialah

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti pernah merasakan perasaan tak nyaman seperti rendah diri, sedih, kecewa, gelisah, dan tidak tenang dalam hidup. Kehilangan rasa percaya diri hingga kehilangan harapan hidup memang sangat menyakitkan. Meskipun begitu, selalu ada cara untuk kembali kuat menjalani hidup dan lebih menyayangi diri sendiri dengan utuh. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Bye Insecurities Berbagi Cerita untuk Lebih Mencintai dan Menerima Diri Sendiri ini.

***

Oleh: Fitria Pujining Rahayu

Kalau ada yang bertanya, "Have you ever felt that you’re not good enough?"

Jawabanku, "Yes, of course."

Rasanya apa yang selama ini aku lakukan nggak pernah cukup. Rasanya seakan-akan aku kurang kompeten dalam menghadapi hidup. Lalu ketika melihat sekeliling, aku melihat orang lain seolah-olah sudah lari jauh di depan padahal aku masih gitu-gitu aja. Dan itu nggak enak banget rasanya.

Aku nggak menutup mata. Melihat teman-teman sudah punya jabatan bagus dan karier yang mentereng, aku insecure. Dari masalah pekerjaan, status sosial, termasuk masalah penampilan, semua membuat aku insecure.

Aku juga pernah merasakan insecure karena memiliki wajah yang kurang cantik. Aku juga pernah merasa insecure karena memiliki otak yang tidak secerdas teman-temanku. Insecure karena kemampuan public speaking yang tidak begitu lancar sehingga aku tidak berani untuk tampil di depan publik karena takut orang-orang akan mengolokku. 

Berdamai dengan Perasaan dan Keadaan

Tapi aku kemudian berdamai dengan keadaan, bahwa setiap orang punya takdirnya masing-masing. Intinya, buat aku dan kamu yang ngerasa insecure di luar sana, nggak apa-apa banget kita merasa insecure. Karena, seperti halnya perasaan lainnya, mungkin hanya sementara aja kita merasa begitu. Kalau perasaan ini lagi hinggap, ya sudah peluk saja diri sendiri. Aku boleh nangis, boleh curhat sama teman, boleh banget juga ngobrol sama Tuhan. Being vulnerable is definitely ok! 

Get out, experience life again. Mungkin di awalnya akan terasa berat, tapi aku harus bisa terus bergerak meskipun dengan merangkak. 

Satu hal yang nggak kalah penting: self reward! Yup, menjalani semuanya nggak gampang, but I'm  fighting for myself and it is something to be proud of! Jadi, keep going! I'm gonna make it!

Dear My Self, meski merasa insecure nggak bisa dihindari, I have to keep being open minded. Jangan biarkan insecurity  menguasai diriku. Remember, you are more than what you think you are.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading