Sukses

Lifestyle

5 Doa agar Anak Lembut Hati, Pintar dan Soleh

Fimela.com, Jakarta Mendidik anak memang bukan perkara yang mudah, butuh kesabaran dan kebasaran hati dalam merawat mereka. Sebab, tidak semua anak bisa diajarkan dengan mudah, terkadang ada anak yang malas, keras bahkan sulit menurut pada orangtuanya.

BACA JUGA: Bacaan Doa Agar Dipermudah Urusannya

Selain dengan memberikan pendidikan yang baik bagi anak, orangtua juga bisa membantu anak melalui doa agar anak diberikan hati yang lembut hati, pintar dan soleh. Berikut doa-doa yang bisa Mom amalkan setelah selesia salat atau di waktu mujarab untuk berdoa.

1. Doa agar Anak Berbakti

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqniy birrohum

Artinya: "Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka”.

2. Doa agar Anak Soleh dan Solehah

Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka didunia dan di akhirat”.

BACA JUGA: Keutamaan Menuntut Ilmu Beserta Doanya

3. Doa agar Anak Penurut dan Lembut Hatinya

Allahummaj 'alnaa wa aulaadanaa, wa dzurriyyatinaa min ahlil 'ilmi wa ahlil khairi, wa laa taj'alnaa min ahlisy syarri wa ahlidh dhairi, waj'alnaa minal maqbuuliin.

Artinya: "Ya Allah Tuhan kami, jadikanlah kami dan anak-anak kami serta para istri kami termasuk golongan orang-orang ahli ilmu dan ahli kebajikan, jangan jadikan kami termasuk golongan orang-orang yang ahli kejelekan dan ahli kemudharatan, jadikanlah kami termasuk golongan hamba-Mu yang salih, serta termasuk orang-orang yang selalu Engkau kabulkan segala doa kami."

4. Doa agar Anak Baik dan Bertakwa

Allahummaj’alhu barran taqiyyan rasyidan wa-anbit-hu fil islami nabatan hasanan

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik.”

5. Doa agar Bermanfaat bagi Orang Lain

Allaahummam-la' quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

Selain dengan mendoakan anak, orangtua juga harus bisa mendidik anak agar menjadi orang yang pintar, soleh/solehah dan penurut, misalnya dengan memberi contoh yang baik, mengajarkan mereka cara bersikap dan menanamkan nilai-nilai yang baik.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading