Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: Berawal dari Kecintaan Terhadap Ilmu Gizi, dr. Feni Buka Pusat Konsultasi Nutrisi Berkat Usul Nagita Slavina

Fimela.com, Jakarta Bekerja sesuai passion atau cita-cita memang sangat menguntungkan. Hal tersebut pun dilakukan oleh perempuan Feni Nugraha. 

Berawal dari kecintaannya terhadap ilmu gizi, Feni memilih jalan karirnya sebagai dokter spesialis gizi. Hal ini dikarenakan, ia bercerita jika menurutnya dengan makanan yang sehat tentu dapat mencegah berbagai penyakit. Ia pun kini sudah memiliki title dr Feny Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK.

Dari alasan itulah, dirinya memantapkan diri untuk ambil jurusan master gizi, yang kemudian menjadi dokter spesialis gizi.

Lewat profesinya tersebut ia berharap dapat membantu banyak orang agar bisa menjalankan pola makan yang sehat, terutama di era pandemi ini kan daya tahan tubuh yang baik tu sangat penting. Ketika daya tahan tubuhnya baik pasti mencegah berbagai risiko penyakit.

Apalagi kejadian obesitas semakin meningkat. Padahal, obesitas ini sangat-sangat tidak sehat karena menimbulkan berbagai risiko penyakit, diabetes, darah tinggi, penyakit jantung, dan berbagai penyakit lainnya. 

“Jadi atas dasar itu menurutku salah satu cara di masa pandemi ini untuk sehat adalah mengkonsumsi makanan yang sehat gitu. Jadi ketika kita bisa makan makanan sehat pasti bisa menjaga daya tahan tubuh kita tetap baik,” ujar dokter Feni kepada Fimela.

Buka klinik atas saran Nagita Slavina

Tak hanya itu, kerja nyata untuk menghindari bahaya dari obesitas, dr Feny baru saja membuka klinik sekaligus pusat nutrisi yang dinamakan Nu You Clinic di kawasan Kemang beberapa waktu lalu. 

Menariknya, klinik tersebut dibuka atas usulan Nagita Slavina yang akrab disapa Gigi ini memang menjadi salah satu pasiennya. Gihi menjadi pasien yang selalu setia kepada dr Feni, hingga selalu memotivasinya. 

“Gigi mencetuskan ide, "Dok, kenapa enggak buka klinik yang buat obesitas aja karena kan banyak banget yang butuh." Oh iya juga ya. Akhirnya pelan-pelan memang yang dibilang ketika seseorang mau maju itu memang harus keluar dari zona nyaman, bisa melangkah, satu langkah, dua langkah hingga beberapa langkah ke depan. Itu yang saya lakukan dan ternyata saya bisa keluar dari zona nyaman itu, semua juga berkat dukungan dari Gigi,” paparnya.

Untuk membantu pasiennya, dr Feni mengatakan di klinik akan diajarkan bagaimana cara mengonsumsi makanan yang sehat, makanan apa yang boleh dan tidak boleh, dan akan membuat personalized meal plan untuk masing-masing orang karena kebutuhan tiap orang berbeda, sesuai berat badan, tinggi badan, hingga usia dan juga aktivitas fisik yang berbeda tentu kebutuhannya berbeda. 

“Jadi setelah dibikinkan meal plan, nanti diajarkan harus kombinasi juga dengan olahraga, kemudian harus tidur yang cukup. Tidak boleh stres. Semuanya akan membantu dan mendukung penurunan berat badan. Hingga sekarang banyak pasien yang terbantu dengan pola makan yang sehat,” paparnya. 

Mengatur pola makan untuk penyakit tertentu

Tidak hanya itu, di Nu You Clinic juga bisa mengatur pola makan untuk beberapa kondisi penyakit tertentu. Misalnya pada penyakit diabetes, darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit lainnya di mana diatur pola makannya agar gejalanya terkontrol dan juga menjadi lebih sehat.

“Disesuaikan pola makannya sesuai dengan kondisi penyakit masing-masing,” papar dr. Feni.

Banyak juga banyak pasien yang datang ialah ibu hamil dan menyusui, karena calon ibu ini harus mengatur pola makan sehatnya. Bahkan saat Nagita hamil pun berkonsultasi mengenai pola makannya kepada dr. Feni. 

“Kebetulan Gigi kemarin pada saat hamil, aku juga sempat bikinin menu makan untuk Gigi. Gigi sebelum hamil itu sangat oke banget, body goals banget, jadi aku atur makannya. Dan hamil, biasa ibu hamil dan menyusui datang ke sini aku bikinkan meal plan supaya kebutuhan nutrisi untuk ibu dan bayinya juga terpenuhi,” ungkapnya.

Tak hanya Nagita Slavina, sederet artis mengaku jika mereka telah berhasil menurunkan berat badan dengan bantuan pengaturan pola makan bersama dr. Feny. Di antaranya Olla Ramlan, Ringgo Agus Rahman, Tara Budiman, Mama Rieta, Luna Maya dan masih banyak lagi. 

“Jadi banyak banget yang sudah kubantu dengan pola makan yang sehat. Sehat yang utama, bonusnya itu bisa berat badannya turun atau langsing gitu. Memang saya sebagai dokter spesialis gizi merupakan suatu kebanggaan, kepuasan, dan kesenangan saya pribadi kalau saya bisa membantu banyak orang untuk menurunkan berat badan. Enggak bisa tergantikan oleh apa pun,”tutupnya.

#womenforwomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading