Sukses

Lifestyle

Kata Privilege Jadi Trending Topic, Kenali Maknanya

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir banyak di perbincangkan di sosial media mengenai kata “Privilege”  karena sedang beredar bahwa seorang crazy rich Medan atau Indra Kenz menyebutkan bahwa terlahir miskin adalah sebuah Privilege. Banyak netizen yang tidak suka mendengar perkataan tersebut dan mengomentari hal tersebut, membuat kata Privilege banyak di perdebatkan. Sebetulnya apa sih arti dari kata Privilege itu sendiri?

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, menyebutkan kata privilege diserap dari Bahasa Inggris menjadi privilege yang memiliki arti hak istimewa. Walaupun banyak masyarakat yang mengartikan kata privilege itu berbeda-beda namun pemahamannya tetap sama yaitu hak istimewa yang di miliki seseorang dan tidak dimiliki oleh orang lain. Privilege dinilai data membuat seseorang lebih "mudah" menjalani hidup ini ketimbang orang lainnya. 

 

Cara Memanfaatkan Sebuah Privilege

Privilege tidak melulu soal akses fasilitas mewah ataupun duit yang banyak, sebab semuanya perkara kerelatifan dan cukup kompleks. Selain bentuk privilege dari segi harta kekayaan, ada juga yang disebut sebagai white privilege. Hadirnya istilah ini tidak lepas dari produk yang dihasikan oleh white supremacy. White privilege merupakan hak istimewa yang diterima oleh orang kulit putih. Dengan keistimewaan tersebut membuat mereka mudah mendapatkan apapun tanpa usaha yang lebih. Sebenarnya cara memanfaatkan sebuah privilege itu cukup mudah tergantung bagaimana cara Pandang kita sebagai manusia yang mempunyai sebbah privilege. Tips nya dengan mengetahui apa privilege yang kita miliki dan tidak menyia-nyia kan privilege tersebut atau bisa dibilang memaksimalkan sebuah privilege

Misalnya, kita mempunyai orang tua yang cukup supportive dibandingkan dengan keluarga lainnya. Kita dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan diri kita sendiri menjadi manusia yang berkualitas dan sukses karena sebuah “Privilege” yang kita miliki yatu orang tua yang supportive tidak dimiliki setiap anak.

 

Jenis-Jenis Privilege

  1. Ras. dapat menjadi sebuah privilege karena ada beberapa ras yang mendapatkan keuntungan yang berbeda dan cenderung lebih tinggi. Ras tersebut akan diperlakukan lebih baik oleh masyarakat sekitar daripada yang lainnya. Masyarakat akan menilai seseorang berdasarkan warna kulit dari mereka. Hal tersebut dinamakan sebagai bias rasial. Ras tersebut adalah ras yang berkulit putih.
  2. Kelas. Tak dapat dipungkiri bahwa orang yang memiliki kelas yang lebih tinggi dari yang lainnya akan memperoleh keuntungan yang lebih banyak.
  3. Jenis kelamin. Hak istimewa selanjutnya adalah menurut jenis kelamin. Biasanya, jenis kelamin pria memiliki keuntungan yang lebih daripada yang lainnya.
  4. Kemampuan. Seseorang yang memiliki badan yang sehat dan kuat akan memiliki hak istimewa dan keuntungan yang lebih tinggi daripada orang yang terlahir tidak sempurna.

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading