Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Rasa Sedih dengan Cepat

Fimela.com, Jakarta Saat merasa sedih, kita jadi mudah berpikir negatif sehingga melampiaskan kesedihan yang kita rasakan ke hal-hal yang buruk seperti marah-marah, menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan orang di sekitar kita. Padahal, rasa sedih sama saja seperti emosi yang lain yang bisa dihilangkan asal menanganinya dengan cara yang tepat. Berikut ini beberapa cara mengatasi rasa sedih dengan cepat dan mudah.

1. Menangis

Kesedihan jika dipendam bisa menyebabkan stres dan beban pikiran. Dan untuk melepaskan kesedihan, kamu bisa menangis sepuas-puasnya. Menangis bisa mengurangi rasa sakit, karena saat menangis tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang membuatmu merasa lebih tenang.

2. Tidur

Daripada meluapkan kesedihan dengan marah-marah dan hal negatif lainnya. Lebih baik alihkan kesedihanmu dengan beristirahat. Saat beristurahat, tubuh akan mengumpulkan energi dan saat bangun perasaanmu akan jadi jauh lebih baik. Sebaliknya, kurang istirahat bisa menyebabkan stres dan daya tahan tubuh yang lemah.

3. Curhat

Menarik diri atau menyendiri justru dapat membuat kesedihan semakin parah dan mudah membuatmu dikuasi pikiran negatif. Carilah teman yang bisa kamu ajak becerita dan berkeluh kesah tentang kesedihannmu. Selain bisa meringankan beban pikiran, curhat juga akan membuatmu merasa kalau kamu tak sendiri dan mendapat dukungan dari orang lain.

4. Makan makanan enak

Makan makanan yang enak tak hanya berfungsi untuk menambah energi dan nafsu makan, tetapi juga bisa mengembalikan suasana hati. Sehingga banyak yang menyarankan saat sedih untuk makan cokelat atau makanan manis lainnya, asalkan tidka terlalu banyak. Selain rasanya yang lezat, makanan enak juga bisa merangsang hormon dopamin yang membuat hati lebih bahagia.

5. Beribadah

Kalau kamu punya kehidupan yang baik dan kecukupan materi, tetapi masih sering merasa sedih. Mungkin ini disebabkan karena spiritualitas yang kering. Spiritualitas adalah naluri yang butuh untuk dipenuhi. Kamu bisa memenuhinya dengan cara mendekatkan diri pada tuhan, beribadah, berdoa atau berbuat kebaikan. Dan penelitian membuktikan, saat kita beribadah tubuh akan menghasilkan senyawa serotonin, makanya tubuh dan pikiran akan lebih tenang setelah beribadah.

Jadi sekarang kamu tak perlu bingung saat merasa sedih karena kamu bisa mengatasinya dengan cara di atas.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading