Sukses

Lifestyle

Bacaan Niat Puasa Rajab 2022

Fimela.com, Jakarta Rajab adalah salah satu bulan haram atau bulan yang dimuliakan kaum muslim karena di bulan ini ada banyak rahmat Allah tersebar di muka bumi. Bulan ini juga menjadi waktu yang tepat untuk memperbanyak catatan ibadah dan amal saleh. Ada banyak ibadah yang bisa kita lakukan di bulan ini, seperti memperbanyak salat sunah, memperbanyak sedekah, memperbanyak berdoa dan puasa sunah Rajab.

Selain mendapatkan pahala yang berlipat ganda, puasa Rajab juga menghapus dosa–dosa kecil hingga besar, membukakan pintu surga, menjauhkanmu dari pintu neraka. Juga manfaat secara langsung yakni kesehatan tubuh dan jiwa.

Keutamaan puasa pada empat bulan yang dimuliakan (termasuk di dalamnya bulan Rajab), sebagaimana ditegaskan oleh Imam Fakhruddin al-Razi dalam Mafâtîh al-Ghaib (juz 16, h. 54):

"Barang siapa yang berpuasa satu hari pada bulan-bulan yang dimuliakan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), maka ia akan mendapat pahala puasa 30 hari (setara dengan satu bulan penuh).".

Niat Puasa Rajab

Tahun ini tanggal 1 Rajab jatuh pada hari Kamis, 3 Februari 2022. Dan puasa Rajab dilaksanakan pada awal bulan yakni pada tanggal 1, 2, 3 Rajab, pada dipertengahan bulan tanggal 13, 14, 15 Rajab, dan di akhir bulan Rajab pada 17, 28, dan 29. Berkut ini bacaan niat puasa Rajab:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.

Niat Puasa Rajab Tengah Hari

Tetapi kalau kamu lupa berniat puasa Rajab di malam hari atau sebelum subuh, kamu tetap bisa melaksakan puasa dan membaca niat pada siang harinya. Berikut bacaan niatnya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Raja hari ini karena Allah SWT.”

Nah, itulah bacaan niat puasa rajab dan keutamannya yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading