Sukses

Lifestyle

7 Hal yang Berada di Luar Kendalimu dan Tidak Perlu Dirisaukan

Fimela.com, Jakarta Sebagai seorang pribadi yang merupakan makhluk sosial, tentunya banyak hal yang memenuhi pikiran manusia dalam kehidupan sehari harinya, baik yang berkaitan tentang diri sendiri maupun orang lain. Beberapa hal kadang mampu membuat seseorang memiliki beban pikiran yang berujung pada kekhawatiran dan stress. Hal-hal yang perlu diperhatikan dan masih berada dalam kendalimu sebagai seorang manusia adalah perkataan yang keluar dari mulut bibirmu, kebiasaanmu, emosimu, hal-hal yang kamu lakukan, kesalahanmu, usaha yang kamu lakukan, ide-ideĀ  kamu, dan juga konsekuensi dari tindakan-tindakan yang kamu lakukan. Hal-hal tersebut perlu kamu pikirkan dan kendalikan dalam kehidupan sehari-hari, dan terdapat juga beberapa hal yang tidak perlu kamu risaukan dan pikirkan, karena hal-hal tersebut berada di luar kendalimu sebagai seorang individu. Berikut tujuh hal yang berada di luar kendalimu.

1. Ide orang lain

Jangan biarkan ide dari orang lain mengganggu pikiranmu. Hal tersebut tidak berada dalam kendalimu sehingga tidak perlu untuk dipikirkan lebih jauh. Ide dari orang lain, berasal dari isi pikiran orang tersebut, sehingga kamu tidak memiliki kendali apapun atas itu.

2. Tindakan yang dilakukan orang lain

Selama tindakan orang tersebut tidak mengganggu ataupun merugikan masyarakat, tindakan tersebut tentunya tidak perlu kamu pikirkan. Tindakan dari orang lain, timbul dari pemikiran mereka sehingga kamu tidak bisa mengendalikan tindakan mereka. Jangan berharap banyak dengan manusia lain untuk dapat melakukan tindakan yang sama dengan apa yang kamu lakukan.

3. Opini orang lain

Kamu tidak bisa mengendalikan opini dari orang lain, karena yang namanya opini, merupakan hasil dari pemikiran manusia yang terkadang memiliki sudut pandang yang berbeda dengan kamu. Opini orang lain tidak perlu dirisaukan kecuali hal tersebut merugikan masyarakat atau dirimu sendiri.

4. Konsekuensi dari tindakan yang dilakukan orang lain

Tindakan yang diambil selalu diikuti dengan konsekuensi dari tindakan tersebut. Ketika orang lain menerima konsekuensi dari tindakan yang orang lain pilih, tentunya hal tersebut tidak berada dalam kendalimu, karena kamu tidak dapat mengontrol tindakan orang lain dan juga konsekuensi yang mengikuti tindakan tersebut.

5. Perkataan orang lain

Kamu tidak bisa mengontrol perkataan yang keluar dari mulut bibir orang lain, karena setiap orang memiliki pikirannya masing-masing sehingga kamu tidak memungkinkan untuk mengontrol perkataan orang lain.Ā 

6. Kesalahan orang lain

Seorang manusia tidak lepas dari kesalahan. Kesalahan yang dilakukan oleh orang lain, berada jauh dari kendalimu, karena kamu tidak tahu isi pikiran orang lain dan juga tindakan apa yang mereka ambil sehingga kesalahan orang lain tidak perlu kamu risaukan.

7. Kepercayaan orang lain

Kepercayaan setiap orang terhadap sesuatu biasanya sangat beragam. Contohnya saja kepercayaan manusia dalam menganut agama. Kepercayaan orang lain tidak dapat kamu kendalikan karena menyangkut dengan persepsi dan pemikiran orang lain terhadap sesuatu. Kamu harus memahami bahwa kepercayaan dalam masyarakat sifatnya adalah majemuk dan beragam sehingga tidak perlu untuk dirisaukan.

Ā 

Ditulis Oleh: Cantika Indah Santosa

Ā 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading