Sukses

Lifestyle

4 Tips Melakukan Perawatan Diri untuk Menjaga Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Beberapa hal mungkin membuatmu harus berpikir berlebihan dan hal itu membuat stres. Banyak faktor, seperti tanggung jawab pengasuhan keluarga, pekerjaan, komitmen sosial, dan lain-lain, yang dapat menghalangi kita untuk mengurus diri sendiri.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips perawatan diri untuk meningkatkan kesehatan mental. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Belajar Mengatakan Tidak

Mengatakan tidak adalah tindakan perawatan diri. Kemampuan untuk mengatakan “tidak” erat kaitannya dengan kepercayaan diri. Orang dengan rasa percaya diri dan harga diri yang rendah sering kali takut menyinggung perasaan orang lain dan cenderung memprioritaskan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri, terutama jika kamu adalah orang yang suka menyenangkan orang.

2. Membuat Jurnal

Jurnal adalah alat untuk memproses pikiran dan emosi yang kompleks, yang mendorong pemikiran positif dan self-talk. Ini dapat membantumu menjadi lebih sadar akan kecemasan dan depresi dengan menjernihkan pikiran dari kekacauan mental, memfokuskan pikiran, dan meningkatkan kesadaran akan pikiran dan perasaanmu.

3. Kelilingi Dirimu dengan Orang-orang yang Positif

Mengelilingi diri dengan orang-orang yang berpikiran positif adalah bagian penting dari perawatan diri. Kamu tidak punya waktu atau ruang dalam hidup untuk hal-hal negatif atau beracun. Orang yang memiliki ikatan keluarga atau sosial yang kuat umumnya lebih sehat daripada mereka yang tidak memiliki jaringan pendukung. Buat rencana dengan keluarga dan teman yang mendukung, atau cari aktivitas yang memungkinkanmu bertemu orang baru, seperti klub, kelas, atau kelompok pendukung.

4. Meditasi

Meditasi memiliki banyak manfaat fisik dan emosional. Ini mengurangi stres, kecemasan, dan depresi, menghubungkanmu dengan batin, mendorong penemuan diri, meningkatkan kecerdasan emosional, kesadaran diri, rasa syukur, dan meningkatkan kualitas tidur. Selanjutnya, tergantung pada bagaimana kamu menyesuaikan latihan meditasi, kamu dapat memilih untuk fokus pada domain atau aspek tertentu dari kehidupanmu.

Penting untuk tidak mencoba memperbaiki diri terlalu cepat. Jangan terlalu ambisius. Ambil langkah kecil dan secara bertahap perkenalkan kebiasaan baru. Jika ada yang tidak berhasil, coba sesuatu yang berbeda.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading