Sukses

Lifestyle

Rahasia Jitu Mencuci dan Merawat Thrifted Jeans

Fimela.com, Jakarta Fenomena thrifting kembali ramai di kalangan remaja Indonesia, terlebih pada masa pandemi. Para remaja cenderung membeli pakaian melalui kegiatan thrifting untuk mendapatkan jenis pakaian tertentu dengan harga murah tetapi masih dalam kondisi bagus. Salah satu jenis pakaian yang paling sering diburu saat kegiatan thrifting adalah jeans.

Saat membeli thrifted jeans, yang perlu menjadi perhatian adalah cara mencuci dan merawatnya agar thrifted jeans terjamin kebersihannya dan tetap tahan lama. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk mencuci dan merawat thrifted jeans:

Proses Perendaman

Rendam thrifted jeans di air hangat yang sudah diberikan cuka dan baking soda selama kurang lebih tiga puluh menit. Cara tersebut dilakukan untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang menempel pada thrifted jeans. Jangan gunakan air panas karena akan merusak bahan, tekstur, dan warna thrifted jeans.

Kembali rendam thrifted jeans dengan menggunakan pewangi pakaian selama kurang lebih tiga puluh menit. Gunakan air dengan suhu ruangan.

Proses Pencucian

Selanjutnya cuci thrifted jeans dengan menggunakan detergen, lebih baik jika menggunakan detergen yang mengandung antiseptik. Proses pencucian ini lebih baik dilakukan dengan menggunakan tangan agar semakin terjamin kebersihannya. Jika masih ragu dengan kebersihannya, thrifted jeans bisa dicuci sekali lagi dengan menggunakan mesin cuci.

Proses Pengeringan

Untuk proses pengeringan, thrifted jeans sebaiknya dikeringkan dengan menggunakan tangan dan handuk kering. Kemudian, jemur thrifted jeans dengan kondisi terbalik luar dan dalam. Cara ini dilakukan agar meminimalisir kerusakan pada bahan dan tekstur thrifted jeans. Dengan melakukan tahapan tersebut, kita bisa memastikan kebersihan thrifted jeans dengan tetap menjaga kualitas thrifted jeans.

Thrifted tak hanya menjadi trend tapi sudah menjadi gaya hidup. Selain menghemat, thrifted juga bisa disebut usaha untuk menjaga lingkungan. Menambah usia pakai jeans, akan mengurangi sampah fashion.

Jadi, apakah kamu sering belanja thrifted? Yuk, share pengalamanmu di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading