Sukses

Fashion

Ingin Jeans Tetap Awet? Ini Cara Mencuci Jeans Menurut Ahli

Fimela.com, Jakarta Jeans menjadi bahan pakaian favorit masyarakat, baik pria maupun wanita. Setidaknya, setiap orang dipastikan memiliki satu celana jeans di dalam lemarinya. Pakaian berbahan jeans ini memang jadi salah satu andalan untuk tampil gaya tanpa mengeluarkan banyak usaha dan biaya. Bahkan, celana jeans sangat mudah dipadu padankan dengan berbagai jenis pakaian.

Model dari jeans sendiri tidak pernah ketinggalan zaman. Hal ini yang membuat semua orang cocok untuk memakainya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Keunggulan dari jeans adalah bahannya tidak mudah rusak dan tahan lama.

Namun, untuk mendapatkan jeans yang awet tentu dibarengi oleh perawatan yang baik. Karena tak menutup kemungkinan jeans bisa berubah bentuk, warnanya memudar dan rusak jika perawatannya tidak tepat. Dilansir Woman and Home, Jumat (15/10/2021), berikut cara mencuci jeans yang benar supaya awet menurut ahli.

Seberapa Sering Harus Mencuci Jeans?

Bahan denim merupakan kain yang kokoh, tahan lama dan dibuat untuk menahan banyak pemakaian tanpa menjadi kotor ataupun berbau. Usahakan untuk mencuci celana jeans yang paling sering dipakai ini sebulan sekali. Selain itu, mencuci jeans juga bisa setelah pemakaian keempat atau kelima.

“Tidak seperti pakaian lain, jeans tidak perlu menghabiskan banyak waktu di mesin cuci. Mencuci jeans sesering mungkin dapat mengubah ukuran dan warnanya. Disarankan untuk mencucinya dengan air dingin sebulan sekali untuk bisa memastikan jeans tetap bersih dan segar,” jelas juru bicara dr. Beckmann Susan Fermor.

Cara Tepat Mencuci Jeans

Jika mencuci jeans dengan air dingin, maka ini bisa memberikan hasil yang luar biasa pada jeans. Direkomendasikan oleh salah satu merek deterjen terkenal, sebaiknya mencuci jeans menggunakan tangan.

- Tempatkan jeans di dalam baskom atau ember, di mana jeans bisa diletakkan secara rata

- Isi baskom atau ember dengan air dingin

- Tambahkan sedikit deterjen cair

- Biarkan jeans terendam selama 45 menit dan sesekali aduk perlahan

- Setelah 45 menit, bilas sampai bersih dengan air dingin dan gantung hingga kering

 

Bagaimana Cara Mencuci Jeans di Mesin Cuci?

Mencuci dengan tangan terkadang membuat tangan menjadi pegal. Lalu, apakah bisa mencuci jeans di mesin cuci? Tentu saja! Namun, tetaplah  mencuci menggunakan air dingin.

“Mencuci jeans Anda pada suhu dingin akan memastikan denim mempertahankan bentuk dan rasanya. Jika jeans sangat kotor, maka oleskan dengan kain dingin terlebih dahulu untuk mengurangi residu,” jelas Susan.

Bagaimana Cara Mencegah Jeans Pudar?

Sesungguhnya, menghindari kepudaran pada jeans itu sulit. Baik mencuci jeans murah atau jeans desainer ternama sekalipun. Selain mencoba untuk tidak mencuci jeans sesering mungkin, ada beberapa hal lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko jeans memudar. Salah satunya adalah mencuci bagian dalam ke luar dan membiarkan jeans kering di tempat teduh, bukan di bawah sinar matahari langsung.

“Anda juga harus menggunakan produk cucian khusus yang digunakan untuk mempertahankan warna. Kain akan menyerap dan mengunci warna untuk melindungi dari lunturnya warna dan kotoran setiap kali jeans dicuci sehingga pakaian tetap lebih cerah serta warnanya akan lebih hidup,” ucap Susan.

Jangan lupa untuk menerapkan cara-cara di atas agar jeans Sahabat Fimela bisa tetap awet, ya!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mewah dan Elegan, Tory Burch Luncurkan Butik Baru di Plaza Indonesia
Artikel Selanjutnya
Virgil Was Here Jadi Runway Koleksi Terakhir Virgil Abloh untuk Louis Vuitton di Miami