Sukses

Lifestyle

6 Hal yang Bisa Menaikkan Standar Diri, Bikin Lebih Dihargai Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Ketika berbicara tentang standar diri, apa yang ada dipikiran kamu? banyak dari kita mungkin menjawab kekayaan ataupun kesenangan.

Padahal standar diri bukanlah soal materi, tetapi mengenai pola pikir. Ini bisa seperti kesehatan, keuangan, hingga hubungan dengan orang sekitar. Setiap orang tentu memiliki standar diri yang berbeda-beda, tergantung bagaimana cara kita mengaturnya. 

Dikutip dari Neel Raman, Personal development trainer dan business leader, Tony Robbins mengatakan, untuk dapat mengubah hidupmu maka kamu harus meningkatkan standarmu.

Orang yang memiliki standar tinggi pasti akan mengeluarkan versi terbaik dalam dirinya. Berbeda dengan orang yang standarnya biasa-biasa saja.

Selain itu, dengan memiliki standar yang lebih tinggi, akan lebih dihargai oleh orang lain. Sebab, di saat orang lain di sekitarnya melakukan pekerjaan biasa, orang dengan standar tinggi akan memastikan pekerjaannya benar-benar efisien dan memiliki nilai tinggi.

Ada beberapa cara yang bisa menaikkan standar diri kamu. Apa saja? simak berikut ini selengkapnya.

 

1. Memperhatikan kesehatan tubuh

Langkah pertama untuk meningkatkan standar diri adalah dengan memperhatikan kesehatan tubuh. Jagalah pola makan, pola tidur, dan gaya hidup sehat lainnya.

Mulailah dari diri sendiri, perlakukan tubuh dengan penuh hormat. Kesehatan akan membuat hidupmu lebih baik.

2. Tidak pernah merasa cukup untuk belajar

Selanjutnya adalah dengan mencari kesempatan untuk belajar. Jadikan diri kamu memiliki nilai lebih dibandingkan dirimu yang sebelumnya.

Dengan demikian, kamu akan memiliki potensi untuk melakukan hal-hal baru yang bisa membuat dirimu semakin maju.

3. Kelilingi diri dengan orang yang positif

Jika kamu ingin meningkatkan standar diri, maka kamu juga harus mengelilingi diri dengan orang-orang yang bisa mendorongmu untuk berkembang. Untuk itu, hindarilah pertemanan yang memberikan racun atau efek negatif pada dirimu.

Sebaliknya, terbukalah dengan pertemanan yang bisa memberikanmu pengaruh positif. Dengan begitu, kamu akan terus berkembang.

4. Meningkatkan pengendalian diri

Pengendalian diri yang baik akan membuatmu lebih bijak lagi sebelum bertindak atau memutuskan sesuatu. Selain itu, pengendalian diri yang baik juga menghindarimu dari tindakan impulsif yang bisa merugikan.

Cobalah untuk lebih sadar akan tindakan kamu dan pikirkan mengapa kamu melakukannya. Apakah tindakan kamu menguntungkanmu, atau malah merugikan? Berhentilah buang-buang waktu, dan gunakan waktu berhargamu dengan sebaik-baiknya ya, Sahabat Fimela.

5. Ubah pola pikir

Kita selalu ingin dihargai orang lain, tetapi kita sendiri suka lupa untuk menghargai diri sendiri. Bahkan kita sering melakukan kebiasaan yang merendahkan diri sendiri, misalnya menyalahkan, mengkritik dan berbicara negatif pada diri sendiri.

Jika kamu ingin menaikkan standar diri, maka ubahlah pola pikirmu menjadi lebih berkualitas. Jangan merasa kecil sebelum mencoba, terkadang pemikiran inilah yang menghalangi kita maju. Kalaupun kamu mengalami kegagalan, kamu masih bisa belajar dari kegagalan itu bukan?

6. Menghormati orang lain

Hal selanjutnya yang bisa menaikan standar diri kamu adalah memperlakukan orang lain dengan hormat. Perlakukan orang lain dengan baik sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

Dengan menaikan standar diri, kamu akan menjadi lebih dihargai. Jadilah versi terbaik dari diri sendiri dan jadilah bernilai bagi orang lain. Ini tentu akan membuat hidupmu jauh lebih berarti.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading