Sukses

Lifestyle

5 Cara Membuktikan Dirimu Perempuan Berjiwa Dewasa dan Bijaksana

Fimela.com, Jakarta Sebagai seorang perempuan dan individu, kita sudah semestinya untuk bisa senantiasa berproses jadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Untuk menjadi sosok yang lebih dewasa dan bijaksana pun ada banyak upaya yang perlu kita lakukan. Ada banyak pengalaman dan pelajaran yang perlu kita pahami untuk bisa jadi versi diri yang lebih baik.

Kita tak harus selalu membuktikan diri kepada orang lain. Justru kita perlu membuktikan keberanian dan keteguhan hati kita pada diri kita sendiri. Saat kita sudah bisa membuktikan kepada diri sendiri bahwa kita adalah pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, kita bisa lebih bersemangat menjalani hidup. Belum terlambat untuk menjadi perempuan yang lebih dewasa, kita bisa mencoba membuktikan upaya kita melalui cara-cara berikut ini.

 

1. Bertanggung Jawab atas Setiap Pilihan

Hidup terdiri atas serangkaian pilihan. Kita punya banyak pilihan, dan sudah menjadi kebutuhan kita untuk membuat pilihan. Makin dewasa diri kita, makin kita lebih berani bertanggung jawab atas setiap pilihan yang kita ambil. Saat memulai sesuatu pun, kita akan berusaha melakukan yang terbaik sampai akhir.

2. Tidak Membiarkan Negativitas Orang Lain Menguasai Hidupmu

Melansir laman lifehack.org, orang bijaksana menyadari bahwa mereka selalu punya kendali atas pikiran, perasaan, dan tindakan mereka. Jadi, ketika ada orang yang meremehkan atau menghadirkan pengaruh buruk, ia akan berupaya untuk menjaga prinsip dan mentalnya. Tahu kapan harus menjaga jarak dan tidak membiarkan negativitas orang lain merusak hidupnya. Mampu mengendalikan atau mengontrol emosi dengan lebih stabil.

3. Menerima Orang Lain Apa Adanya

Makin bertambah usia kita, makin kita menyadari bahwa kita tak bisa mengubah orang lain dengan mudah. Watak atau karakter orang lain bukan sesuatu yang mudah untuk kita ubah. Alih-alih memaksakan kehendak untuk mengubah orang lain agar sesuai dengan standar sendiri, kita bisa menerima orang lain apa adanya. Sama seperti dengan kita menerima diri kita seutuhnya, kita pun menerima orang lain di sekitar kita dengan seutuhnya juga.

4. Tidak Gegabah dalam Membuat Keputusan atau Kesimpulan

Saat sedang marah atau emosi tinggi, kita tidak gegabah membuat keputusan. Kita akan lebih berupaya untuk menenangkan dan menstabilkan kondisi emosi dan mental kita sebelum membuat keputusan atau kesimpulan. Saat membuat sebuah keputusan penting, selalu menimbang semua fakta dan realitas, serta tidak termakan asumsi pribadi. Sehingga keputusan yang diambil dibuat dengan kesadaran penuh.

 

5. Berani Bersikap Baik

Menjadi orang baik bukan karena ingin dipuji atau dikagumi orang lain. Melainkan karena kita ingin menjadi pribadi yang bermanfaat. Kita ingin menghadirkan makna dalam hidup. Serta kita tidak ingin merasa bersalah atau menyesal atas setiap hal yang kita lakukan. Bersikap baik tanpa menuntut balasan. Bersikap baik karena kita memang butuh dan perlu bersikap baik.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba bagi Sahabat Fimela yang ingin menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bijaksana. Semoga kita semua bisa senantiasa berproses untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading