Sukses

Lifestyle

5 Cara Membuktikan Dirimu Perempuan yang Benar-Benar Mandiri

Fimela.com, Jakarta Untuk bisa lebih dewasa, kita perlu lebih mandiri jalan hidup. Menjadi pribadi yang mandiri tentu butuh proses. Butuh waktu, energi, dan kerja keras yang tiada henti untuk mencapai kemandirian yang kita inginkan.

Kemandirian bisa diperoleh melalui sejumlah cara. Kita pun bisa membuktikan diri kita adalah sosok yang mandiri melalui sejumlah cara. Pembuktian ini bukanlah untuk orang lain, melainkan untuk diri sendiri juga. Saat kita sudah bisa menjadi sosok yang lebih mandiri, kita bisa lebih yakin jalani hidup dengan lebih berani.

1. Berusaha Menyelesaikan Masalah Sendiri

Melansir laman psych2go.net, orang mandiri bisa berusaha mengatasi masalahnya sendiri tetapi tidak takut meminta bantuan saat memang butuh bantuan. Menjadi mandiri bukan berarti pasti bisa mengatasi semua masalah. Namun, menjadi mandiri adalah senantiasa menyelesaikan masalah dengan cara yang bisa lebih dulu. Tidak selalu atau langsung bergantung pada orang lain untuk mengatasi masalah yang ada, melainkan berani mencoba sendiri lebih dulu mengatasinya.

 

2. Peduli dengan Kondisi Keuangan

Sudah paham cara mengatur uang. Sudah mulai membiasakan diri mengatur pemasukan dan penghasilan yang ada. Saat sudah lebih peduli dengan kondisi keuangan dan lebih bertanggung jawab dengan kebiasaan belanja yang dimiliki, kemandirian sudah mulai bisa terbentuk dengan sendirinya.

3. Fokus dengan Jalan Hidup Sendiri

Bukannya egois, tetapi kita paham betul bahwa jalan tiap orang berbeda-beda. Tidak terus menerus membandingkan kehidupan sendiri dengan kehidupan orang lain. Tidak terobsesi dengan standar hidup orang lain. Kita bertanggung jawab atas kehidupan kita sendiri, sehingga kita akan lebih fokus mencapai tujuan atau target hidup kita sendiri.

4. Mau Menerima Saran dan Kritik yang Membangun

Menjadi mandiri bukan berarti melakukan segala sesuatunya seenaknya sendiri. Jika ada saran dan kritik yang membangun, kita menerimanya dengan tangan terbuka. Kita terbuka dengan berbagai peluang atau kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

 

5. Bisa Menciptakan Kebahagiaan Sendiri

Makin mandiri, makin kita meyakini bahwa kebahagiaan adalah tanggung jawab pribadi. Maksudnya adalah kita tak harus menunggu orang lain untuk selalu bergantung pada orang lain untuk membuat kita bahagia. Kita bisa memilih untuk bahagia dan melakukan sejumlah cara untuk menjadi bahagia dengan cara kita sendiri.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri. Semoga kita semua bisa menjadi perempuan yang lebih kuat, berdaya, dan mandiri ya dalam menjalani hidup ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading