Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Tidak Percaya Diri yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang, sering kali kita mendengar istilah insecure. Arti dari istilah insecure adalah perasaan tidak percaya diri, yang sering dialami remaja maupun dewasa. Penyebab tidak percaya diri ini disebabkan oleh beberapa faktor, yang disadari maupun tidak disadari.

Penyebab tidak percaya diri bisa timbul dari diri sendiri maupun orang lain. Ada kemungkinan orang yang kurang percaya diri ini, mendapatkan tekanan dari lingkungan sosial, bahkan tidak mendapatkan dukungan dari keluarga sendiri. Sikap percaya tidak percaya diri ini merupakan sikap negatif yang harus dihilangkan.

Kurang percaya diri dapat mempengaruhi masa depan seseorang. Untuk itu, cobalah percaya dengan diri sendiri dan tidak perlu mendengarkan kata-kata orang lain, yang melukai dirimu dan keyakinan terhadap masa depanmu. Berikut penyebab tidak percaya diri, dilansir dari Brilio.net:

Penyebab Tidak Percaya Diri

1. Trauma Masa Kecil

Penyebab tidak percaya diri yang pertama adalah karena memiliki trauma pada masa kecil. Tanpa disadari maupun tersadari, ada beberapa aspek kehidupan masa kecil yang melukai hatimu. Sehingga trauma ini akan tetap dirasakan saat dewasa. Trauma masa kecil tidak bisa disepelekan begitu saja, karena bisa mempengaruhi rasa tidak percaya diri di masa depan.

2. Faktor Lingkungan Sosial

Faktor lingkungan sosial sangat berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang. Lingkungan sosial yang salah, bisa membuat seseorang kehilangan rasa tidak percaya diri. Hal ini disebabkan karena ada budaya dalam lingkungan sosial yang berbeda dengan diri sendiri, dan perkataan orang lain bisa menjatuhkan mental seseorang. Ada baiknya memilih lingkungan yang positif, dan mendukung segala impian masa depan kita, tanpa menjatuhkan mental dan membuat tidak percaya diri.

3. Lebih Percaya Omongan Orang Lain

Ada banyak mulut yang bisa berkomentar dan berbicara sesuka hati. Sedangkan kita hanya memiliki dua tangan yang bisa digunakan untuk menutup telinga, daripada menutup mulut orang lain. Ada baiknya berhenti mendengarkan perkataan orang lain, yang menjatuhkan impian dan mentalmu. Karena lebih percaya omongan orang lain daripada diri sendiri, bisa membuatmu tidak percaya diri.

Penyebab Tidak Percaya Diri

4. Sering Merasa Tidak Mampu

Setiap manusia memiliki keahlian masing-masing. Sering merasa tidak mampu dalam melakukan beberapa hal, adalah penyebab tidak percaya diri yang diciptakan diri sendiri. Jangan pernah merasa tidak mampu, jika belum melakukan dan mencoba hal tersebut.

5. Selalu Berpikiran Negatif tentang Masa Depan

Jika Sahabat Fimela selalu berpikiran negatif tentang masa depan, maka hal ini dapat menyebabkan rasa tidak percaya untuk melangkah di masa depan. Jangan pernah khawatir akan masa depan. Tetaplah fokus dengan masa kini, dan tetap berjuang dengan pikiran positif untuk menggapai masa depan.

6. Kurang Bersosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial. Sehingga dalam menjalani kehidupan, kita harus selalu bersosialisasi untuk menambah relasi dan membuka pikiran. Terlalu sering mengurung diri, bisa membangkitkan pikiran negatif dan mengurangi rasa percaya diri. Cobalah keluar rumah, mulai bersosial dengan orang lain. Maka kamu akan mendapatkan makna kehidupan dan mulailah untuk percaya diri.

7. Tidak Cinta Pada Diri Sendiri

Penyebab tidak percaya diri sendiri yang terakhir adalah tidak cinta pada diri sendiri. Padahal sebelum kita mencintai orang lain, Sahabat Fimela harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Jangan pernah berpikiran negatif terhadap diri sendiri, apalagi memberikan kutukan negatif pada diri sendiri. Rasa tidak percaya diri ini bisa merugikan dirimu sendiri, jika tidak segera dihilangkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading