Sukses

Lifestyle

5 Mengatasi Rasa Sedih saat Belum Mendapatkan yang Diinginkan

Fimela.com, Jakarta Andai kita bisa mendapatkan semua yang kita inginkan, mungkin kita takkan pernah merasakan kesedihan. Andai semua permintaan kita dikabulkan sesuai keinginan kita, mungkin kita tak pernah merasa gelisah. Namun, kenyataannya dalam hidup ini ada hal-hal yang perlu kita terima apa adanya, termasuk menerima hal-hal yang belum bisa kita dapatkan.

Belum mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, ada rasa sedih yang kita rasakan. Belum mendapatkan pasangan yang diidamkan, kita akan merasa gelisah dari waktu ke waktu. Saat kita belum mendapatkan yang kita inginkan, bukan berarti ini selalu jadi pertanda buruk. Saatnya untuk mencoba melihat hal ini dari sisi yang lebih baik. Untuk meredam rasa sedih, kecewa, atau gelisah karena belum mendapatkan yang kita inginkan, ada sejumlah hal yang bisa kita lakukan.

 

 

1. Izinkan Diri untuk Bersedih

Ya, izinkan dirimu untuk bersedih. Menangis atau meratapi semuanya boleh saja kok dilakukan asalkan tidak berlebihan. Setidaknya lakukan sesuatu untuk membuat hatimu terasa lebih ringan. Lakukan sesuatu yang bisa membuat hati dan perasaanmu lebih baik.

2. Maafkan Diri Sendiri

Saat kita belum bisa mendapatkan yang kita inginkan ada kecenderungan kita akan menyalahkan diri sendiri. Padahal kita sudah berusaha semampu dan sebaik kita. Maka dari itu, tak usah menyalahkan diri sendiri. Maafkan saja diri sendiri. Malah ada baiknya untuk berterima kasih pada diri sendiri yang masih bertahan hingga detik ini.

3. Fokus pada Sisi Baik

Kita tak pernah bisa mengontrol semua keadaan. Namun, kita masih bisa mengontrol respons kita terhadap keadaan dan situasi yang ada. Ketika ada sesuatu yang belum bisa dimiliki atau didapatkan, coba untuk menyadari mungkin kita memang masih belum siap untuk memiliknya. Saat kita belum berhasil mendapatkan yang sudah kita perjuangkan, coba untuk pahami bahwa perjuangan itu sudah memberi pelajaran berharga yang membuat kita lebih kuat dan dewasa. Alih-alih terus mengutuk keadaan, mending meresponsnya dengan fokus pada sisi baik yang ada.

 

4. Buat Harapan Baru

Kalau masih punya orang-orang yang senantiasa mendukung atau memberimu motivasi untuk melanjutkan hidup, kamu termasuk orang yang beruntung. Akan tetapi, kalau pun tidak ada yang menyemangatimu, tak perlu kecewa. Kamu selalu bisa membuat harapan baru dalam hidupmu. Selalu ada harapan baru yang bisa kamu rangkai dan capai dalam hidup.

5. Jalani Masa Kini dengan Apa Adanya

Biasanya saat kita belum bisa mendapatkan hal yang kita inginkan, kita terus menyalahkan masa lalu. Kita terus menyalahkan pilihan-pilihan yang kita buat di masa lalu. Andai begini dan andai begitu. Agar tidak terus menerus menyiksa diri dalam kesedihan itu, saatnya untuk membuka mata lebih lebar lagi. Untuk melihat masa kini yang perlu kita jalani dengan apa adanya. Menerima realitas yang ada dengan tetap melangkah ke depan.

Yakin saja bahwa segala sesuatunya akan kamu dapatkan di waktu yang paling tepat. Mungkin saat kamu belum mendapatkan sesuatu, kamu masih perlu memperjuangkan hal lain yang lebih penting. Yakin saja semua yang terjadi dalam hidupmu ini sudah dalam rangkaian skenario terbaik dari Sang Pencipta.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading