Sukses

Lifestyle

5 Cara Atasi Rasa Gundah saat Jalan Hidupmu Berbeda dari Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Kita tahu dan pastinya sudah sangat mengerti bahwa jalan hidup tiap orang tidak ada yang sama. Cuma memang ketika kita merasa menjadi yang paling berbeda dari orang lain karena jalan hidup kita yang terlalu "asing" bagi orang lain, kadang kita merasa cemas dan gelisah. Tidak bisa hidup seragam dengan orang lain kadang membuat kita merasa sulit menemukan kenyamanan diri.

Agar bisa lebih nyaman dan bahagia dengan jalan hidup sendiri, tentu perlu upaya khusus. Kita bisa melakukan sejumlah cara atau upaya sederhana untuk bisa lebih nyaman dengan kehidupan kita sendiri. Meski jalan dan pilihan hidup kita berbeda dari orang-orang di sekitar kita, kita tetap bisa menemukan kenyamanan dan ketenangan diri.

 

1. Berhenti Mengasihani Diri Sendiri

Mengutip buku How to Love, perasaan mengasihani diri sendiri berbeda dengan kecemasan atau depresi. Perasaan mengasihani diri sendiri adalah perasaan rumit yang membuat seseorang merasa kecewa dan sedih terhadap diri sendiri. Saat jalan hidup kita berbeda dari kebanyakan orang, kadang kita merasa kasihan pada diri sendiri yang tampak paling merana. Padahal kenyataannya, kita hanya berbeda. Jadi, terima perbedaan yang ada dan berhenti mengasihani diri sendiri.

2. Ciptakan Kebahagiaan Sendiri

Tak perlu menunggu orang lain untuk membuatmu bahagia. Cobalah untuk menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Sekecil atau sesederhana apa pun hal yang kamu lakukan atau perbuat, selama itu bisa datangkan kebahagiaan maka tak apa untuk melakukannya. Sekadar meluangkan waktu untuk diri sendiri dan melakukan hal yang disuka bisa menjadi sumber kebahagiaanmu.

3. Buat Pencapaian Diri

Jalan hidup berbeda sebab ada kelebihan istimewa yang kamu punya. Buat pencapaian diri yang terbaik. Jadikan hari-hari dan hidupmu lebih bermakna, maka ketenangan dan kenyamanan diri akan hadir dengan sendirinya. Setiap pencapaian yang berhasil dibuat akan meningkatkan harga diri, dan ini bisa membuatmu merasa lebih bahagia.

 

4. Ikut Rayakan Kebahagiaan Orang Lain

Orang lain bahagia atau sedang merayakan sesuatu atas pencapaiannya, cobalah untuk ikut berbahagia. Bagaimanapun, perbedaan jalan dan pilihan hidup bukanlah sesuatu untuk terus dibuat perbandingannya. Daripada merasa makin minder dengan kehebatan orang lain, mending raih inspirasi atau hal baik dari situasi yang ada.

5. Fokus Tingkatkan Kelebihan Diri

Kekurangan diri menjadi pengingat bahwa kita perlu terus belajar hal baru dalam hidup. Tak perlu merasa sedih dengan kekurangan yang ada. Mending fokus dengan kelebihan yang dipunya. Tingkatkan kemampuan dan gali potensi diri terbaik supaya bisa menjalani kehidupan terbaik versi kita sendiri.

Jalan hidup yang berbeda, itu tak apa. Kita masih bisa melakukan hal-hal baik dan menebar manfaat dengan cara kita sendiri. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading