Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Diri agar Tak Gampang Iri dengan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Rasanya sulit ya untuk tidak merasa iri atau cemburu dengan orang lain di era media sosial seperti ini. Tiap kali menggulir media sosial, selalu saja ada hal-hal yang membuat kita merasa rendah diri atau ciut. Selalu ada orang yang tampak lebih kaya, lebih bahagia, dan lebih segalanya.

Makin merasa iri kita dengan orang lain biasanya akan makin menderita diri kita sendiri. Untuk itu kita perlu menata sekaligus menguatkan mental agar tidak gampang iri dengan orang lain. Bagaimana caranya? Caranya bisa dimulai melalui langkah-langkah sederhana ini.

 

1. Kenali Penyebabnya

Kenapa merasa iri? Apa yang membuatmu merasa iri dengan orang lain? Biasanya perasaan iri muncul saat kita membuat perbandingan diri. Bisa juga karena ada perasaan insecure, rasa takut, rasa kecewa, dan sedih di dalam diri. Setidaknya coba cari tahu penyebabnya, supaya kamu bisa mencari "rem" untuk tidak berlarut-larut dalam rasa iri yang hadir.

2. Curhatkan kepada Seseorang

Melansir laman Healthline, terkadang menyampaikan rasa iri yang dirasakan ke pihak ketiga bisa membuat situasi tidak terlalu menakutkan. Serta membantu kita untuk mendapatkan perspektif baru. Jadi, kita tak berlarut-larut dalam rasa iri yang terus menumpuk di dalam diri.

 

3. Syukuri yang Sudah Dimiliki

Sedikit rasa syukur bisa hempaskan rasa iri yang hadir. Daripada merasa iri dengan orang lain, coba alihkan fokus pada diri sendiri. Syukuri semua yang sudah dimiliki. Rawat dan jaga yang sudah ada. Dengan begini, hati pun bisa lebih tenang.

4. Alihkan Perhatian

Tuliskan perasaanmu. Jalan-jalanlah sebentar. Dengarkan lagu yang disuka. Sibukkan diri dengan hal bisa membuatmu bahagia. Daripada meratapi nasib atau takdir yang seakan tak berpihak padamu, mending lakukan hal yang menyenangkan hatimu.

 

 

5. Asah Kelebihan Diri

Saat rasa rendah diri hadir, coba untuk mengingat kelebihan diri sendiri. Sekecil apa pun kelebihan yang dimiliki, setidaknya itu bisa menghadirkan penyemangat atau harapan baru. Tiap orang punya keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Tinggal cara kita saja untuk mengasahnya dengan lebih baik lagi.

Yuk, fokus jalani hidup kita dengan lebih baik dan tenang lagi. Memang tidak mudah untuk terhindar dari rasa iri setiap waktu, tetapi kita bisa selalu mengusahakan hidup yang lebih baik dari waktu ke waktu.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading