Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Diremehkan Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Diremehkan orang lain, dipandang sebelah mata, atau dianggap tak bernilai merupakan hal yang sangat tak menyenangkan. Harga diri kita rasanya diinjak-injak. Bahkan membuat kita kehilangan rasa percaya diri.

Menguatkan diri dan berusaha membuat hati kembali tegar jadi hal yang perlu kita lakukan. Caranya bisa dimulai dari beberapa hal sederhana. Walaupun mungkin dalam prosesnya tidak mudah, tapi perlahan kita bisa kembali menegakkan kepala dan melanjutkan hidup dengan lebih kuat lagi.

 

1. Cukup Ketahui Alasan Diremehkan

Kalau memungkinkan, coba cari tahu alasanmu diremehkan oleh seseorang. Apakah memang ada hal yang perlu kamu perbaiki? Atau orang tersebut cuma ingin melukai dan menyudutkanmu saja? Setidaknya cukup ketahui saja. Supaya kamu tidak kebingungan harus melakukan apa di situasi yang tak nyaman itu.

2. Tak Perlu Menyalahkan Diri Sendiri

Tak perlu menyalahkan diri sendiri secara berlebihan. Dirimu sudah cukup menderita dan terluka dengan diremehkan dan dipandang tidak baik oleh orang lain, dan ini tak perlu kamu tambah dengan membuat diri makin menderita dengan makin menyalahkan diri sendiri. Tepuk perlahan bahumu, kuatkan dirimu, dan berbaik hatilah dengan perasaanmu.

3. Ambil Kendali Hal yang Masih Bisa Diperbaiki

Mengutip buku How to Respect Myself, "Tidak ada pedoman yang jelas dalam kehidupan sosial. Tidak ada markah jalan yang memberi tahu kapan, di mana, dan bagaimana caranya mendapatkan pengakuan." Kamu tak bisa menuntut semua orang untuk bersikap baik padamu, sekalipun kamu sudah berusaha berbuat baik untuk mereka. Mendapat pengakuan kadang menjadi hal yang cukup sulit dilakukan. Akan tetapi, kamu masih bisa fokus memegang kendali terhadap hal-hal yang masih bisa diupayakan. Kalau memang ada kekurangan diri yang masih perlu diperbaiki, kamu bisa fokus untuk memperbaiknya.

 

4. Terima Semua Perasaan Tak Nyaman

Rasa sedih, kesal, kecewa, dan marah yang kamu rasakan saat diremehkan orang lain itu valid. Jadi, terima saja semua rasa tersebut. Kalau bersedih dan ingin menangis, tak apa lakukan saja. Kalau butuh curhat dengan orang lain untuk menenangkan diri, lakukan saja. Terima semua perasaan tersebut agar kamu bisa lebih mudah berdamai dengan segalanya.

5. Usahakan Pencapaian Baru

Kamu bisa lebih bersinar lagi. Kamu masih bisa membuat pencapaian dan prestasi baru. Daripada terus tenggelam dalam rasa tak nyaman karena dipandang remeh, mending lejitkan diri dan potensimu untuk membuat hal baru. Sebab ini hidupmu, jadi kamu berhak untuk bersinar dan berhasil dengan caramu sendiri.

Bila hatimu masih terasa sakit, semoga seiring dengan upaya terbaikmu kamu bisa membaik. Tetaplah jadi dirimu yang baik, sebab kamu memang berhati baik.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading