Sukses

Lifestyle

5 Bukti Ada Jiwa Perempuan Mandiri Tangguh dalam Dirimu

Fimela.com, Jakarta Saatnya untuk lebih mengapresiasi diri. Meski selama ini kita masih sering salah langkah atau salah membuat keputusan, bisa jadi kita sebenarnya punya jiwa mandiri dan tangguh di dalam diri kita. Walau tak semua hal bisa kita lakukan dan kerjakan dengan sempurna, masih ada potensi kelebihan yang positif dalam jiwa kita.

Setidaknya ada lima tanda umum atau lima bukti bahwa dirimu sebenarnya adalah perempuan mandiri. Perempuan tangguh dan berjiwa mandiri umumnya memiliki lima hal ini. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Bisa Bertanggung Jawab atas Kebahagiaan Diri

Kamu tidak lagi terus bergantung pada faktor eksternal untuk membuatmu bahagia. Tak harus menunggu sesuatu atau seseorang untuk bisa membuatmu merasa bahagia. Kamu bisa melakukan hal-hal, meski sederhana dan sepele, yang bisa membuatmu bahagia. Sebab kamu meyakini bahwa kebahagiaanmu adalah 100% tanggung jawabmu.

2. Nyaman Menghabiskan Waktu Sendirian

Maksudnya adalah kamu nyaman dengan dirimu seutuhnya saat sedang sendirian. Melakukan banyak hal sendirian bukan hal yang memalukan atau merendahkan harga diri. Tentu kamu butuh orang lain dan terhubung dengan orang lain. Namun, ketika kamu sudah bisa terhubung dengan diri sendiri, kamu akan lebih mudah terhubung dengan orang lain dengan cara yang paling nyaman.

 

3. Mampu Memberdayakan Diri

Punya penghasilan atau pekerjaan menjadi salah satu caramu menjadi perempuan berdaya. Punya kontrol atas keuangan atau finanasial dengan cara bertanggung jawab menjadi bukti kemandirian kuat dalam dirimu. Melajang atau menikah, memiliki kendali atas finansial bisa bantu menguatkan kita menghadapi masa-masa sulit dan tak terduga.

 

4. Punya Rencana Hidup

Ada rencana yang ingin kamu ikuti dalam hidup. Ada target atau tujuan yang ingin kamu capai. Sehingga kamu selalu punya motivasi untuk melakukan yang terbaik dalam hidup. Walau tak semua rencana berjalan lancar, tapi setidaknya kamu tidak kecewa dalam berupaya dan berusaha maksimal di setiap langkah hidupmu.

5. Bertanggung Jawab atas Setiap Pilihan Hidup

Dari setiap pilihan hidup yang kamu ambil, kamu bertanggung jawab sepenuhnya menerima semua konsekuensi dan tantangannya. Tidak menyalahkan orang lain atau keadaan saat ada hal yang tak sesuai keinginan. Namun, senantiasa menyadari ada hal-hal yang masih bisa diusahakan dan dikendalikan terlepas dari hal-hal yang terjadi di luar kendali diri.

Kalau menurut Sahabat Fimelan sendiri, faktor terpenting apa yang bisa membuat seorang perempuan berjiwa mandiri? Semoga apa pun jalan hidup yang kamu ambil atau lalui bisa mengantarkanmu jadi pribadi yang lebih baik, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading