Sukses

Lifestyle

Menurut Studi, 5 Cara Sederhana Ini Bisa Bikin Hidupmu Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Semua orang pasti ingin hidup bahagia. Kita pun sama. Kita ingin memiliki hidup yang bahagia. Hanya saja kebahagiaan tak bisa datang begitu saja, tetapi kebahagiaan itu juga perlu diupayakan.

Ada sejumlah cara atau kebiasaan sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengupayakan hidup yang lebih bahagia. Bahkan dari rutinitas sederhana, kita bisa menghadirkan lebih banyak kebahagiaan dalam hidup. Berikut ini lima kebiasaan yang bisa kita coba lakukan agar hidup lebih bahagia.

 

1. Latihan Napas

Melansir laman Buffer, dalam How Meditation Affects Your Brain, meditasi bisa mengurangi stres dan kegelisahan. Meditasi meningkatkan kualitas hidup dan sistem kekebalan tubuh. Bahkan meditasi bisa mengurangi amarah dan meningkatkan kualitas hidup, termasuk pada narapidana. Untuk latihan meditasi, bisa dicoba dengan latihan napas secara sadar selama 15 menit. Duduk dengan tenang, lalu bernapas perlahan dalam waktu tersebut, maka kenyamanan bisa mengalir di dalam tubuh kita.

2. Ekspresikan Diri dalam Seni

Mengekspresikan diri bisa mengurangi risiko terkena penyakit sekaligus meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Sebuah studi dari Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa seni bisa membantu mengurangi stres dan kegelisahan, sekaligis meningkatkan emosi positif. Bahkan bisa mengurangi risiko terkena depresi. Menulis, melukis, atau membuat karya bisa jadi cara efektif untuk menjalani hidup lebih bahagia.

3. Melakukan Kebaikan

Menurut serangkaian studi dari Sonja Lyubomirsky at UC Riverside, melakukan tinadkan yang terpuji atau kebaikan bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan tidak gampang depresi atau gelisah. Saat kita melakukan sesuatu atau hal baik untuk orang lain, kita akan merasa ikut bahagia dan rasa bahagianya ini bisa lebih tinggi.

4. Menulis Hal-Hal yang Disyukuri

Menurut sebuah studi tahun 2005 dari Martin Seligman, direktur Positive Psychology Center at the University of Pennsylvania, menulis tiga hal yang kita syukuri pada akhir hari dan alasan kejadiannya dalam jangka panjang bisa meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi gejala depresi. Tak peduli seberapa besar atau kecil hal yang kita syukuri, bersyukur atas sesuatu bisa membuat kita merasa lebih bahagia.

 

 

5. Berolahraga

Olahraga punya efek besar pada kebahagiaan kita. Bahkan berolahraga 7 menit per hari bisa memberi dampak positif. Dalam sebuah penelitian yang yang dikutip dari buku Shawn Achor, The Happiness Advantage, tiga kelompok pasien dipulihkan depresinya dengan obat, olahraga, dan kombinasi keduanya. Hasilnya mengejutkan. meski ketiga kelompok tersebut mendapat peningkatan kebahagiaan yang serupa, tapi kelompok yang dirawat dengan olahraga mengalami laju relaps hanya 9 persen, lebih kecil dibandingakn dari kelompok yang menggunakan obat-obatan dan kombinasi keduanya.

Jadi, kalau selama ini masih bingung bagaimana cara agar lebih bahagia, bisa coba cara-cara sederhana di atas. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading