Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Hati saat Masih Memperjuangkan Sesuatu Seorang Diri

Fimela.com, Jakarta Sedang memperjuangkan sesuatu seorang diri? Entah itu dalam urusan pendidikan, pekerjaan, pernikahan, dan urusan lainnya, memperjuangkan sesuatu seorang diri tidak selalu mudah dijalani. Awalnya kita mungkin punya niat dan semangat yang kuat, tapi seiring waktu berjalan kadang kita merasa ingin menyerah saja.

Untuk kembali menguatkan hati saat masih harus memperjuangkan seorang diri, kita bisa mencoba sejumlah langkah sederhana. Kadang hanya butuh sedikit perubahan untuk membantu kita bisa kuat bertahan dalam memperjuangkan sesuatu. Bagi yang saat ini merasa butuh semangat, cara-cara ini bisa dicoba.

 

1. Perbarui Niat Awal

Saat kita merasa ingin menyerah di tengah jalan, ada baiknya untuk kembali mengingat niat dan titik awal perjalanan kita. Ingat lagi semangat yang dulu pernah kita punya dalam memperjuangkan hal ini. Lalu, coba perbarui lagi. Perbarui niat yang ada untuk meningkatkan semangat melangkah ke depan.

2. Terima Emosi yang Dirasakan

Melansir laman psychcentral.com, Rachelle Heinemann, seorang konselor kesehatan mental di Brookly, New York memaparkan bahwa emosi tidak akan menghilang begitu saja bila kita mengabaikannya. "Cara terbaik untuk dilakukan saat situasi terasa berat adalah mengakui pengalaman emosi kita dan mengizinkan diri kita merasakannya," ungkapnya. Rasa frustrasi, sedih, kesal, hingga amarah merupakan emosi valid. Coba untuk menerima semua emosi tersebut agar kita tidak makin tertekan dengan situasi yang ada.

 

3. Pilah dan Pilih Situasi yang Masih Bisa Dikontrol

Saat ada situasi yang tak bisa dikontrol, ada baiknya kita menerimanya dengan kerelaan. Lalu, kita fokus pada hal-hal atau situasi yang masih bisa kita kendalikan atau perbaiki. Masih memperjuangkan sesuatu seorang diri, tidak semuanya bisa kita kendalikan. Kenali batas yang ada lalu coba untuk fokus melakukan hal-hal yang lebih baik sesuai kemampuan kita.

4. Izinkan Diri Beristirahat

Memperjuangkan pendidikan, pekerjaan, percintaan, dan hal lainnya selalu ada tantangannya sendiri. Saat merasa kewalahan dan rasanya frustrasi dengan kondisi dan keadaan yang ada, cobalah untuk beristirahat sejenak. Izinkan diri untuk melakukan hal yang bisa merilekskan tubuh dan pikiran.

 

5. Ciptakan Rutinitas yang Menyenangkan

Memiliki rutinitas akan membuat kita bisa lebih fokus mencapai target atau memenuhi prioritas kita. Cobalah untuk membuat jadwal kegiatan untuk diikuti setiap harinya. Hidup kita bisa terasa lebih bermakna saat kita punya rutinitas, dan ini bisa membantu kita lebih kuat memperjuangkan sesuatu.

Semoga apa pun yang sedang kamu perjuangkan bisa kamu dapatkan di waktu yang paling tepat, ya. Terima kasih sudah berusaha dan bertahan hingga titik ini. Kamu luar biasa.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading