Sukses

Lifestyle

5 Bukti Ada Jiwa Perempuan Tegar di Dalam Dirimu

Fimela.com, Jakarta Kadang kita tak menyadari kelebihan kita sendiri. Karena berbagai pengalaman hidup dan masalah yang datang silih berganti, kadang kita merasa menjadi perempuan yang lemah. Padahal bisa jadi selama ini ada jiwa yang tegar di dalam diri kita.

Perempuan yang berjiwa tegar bukan berarti perempuan sempurna yang pasti berhasil melakukan segalanya. Diri kita yang rasanya hanya biasa saja pun bisa memiliki ketegaran dan keteguhan jiwa yang istimewa. Berikut ini beberapa hal yang menunjukkan kita sebenarnya punya jiwa tegar di dalam diri kita. Mari kita cek satu per satu.

 

1. Berani Tampil sebagai Diri Sendiri

Kita tahu bahwa menjadi diri sendiri adalah salah satu langkah penting untuk hidup lebih bahagia dan nyaman. Tidak semua standar orang lain perlu kita ikuti. Tak semua ekspektasi orang lain bisa kita penuhi. Menjadi diri sendiri dan merasa bahagia sebagai diri sendiri menjadi bukti bahwa sebenarnya kita punya jiwa tegar di dalam diri kita. Sebab butuh keberanian untuk bisa menjadi diri sendiri seutuhnya.

2. Tidak Terobsesi Membuat Perbandingan Hidup

Sesekali memang kita tak bisa menghindari keinginan untuk membuat perbandingan hidup. Hanya saja kita tak terlalu terobsesi dengan perbandingan yang ada. Bagi kita, tiap orang punya perjuangan hingga masalahnya masing-masing. Sehingga kita pun memilih untuk fokus jalani hidup kita dengan sebaik-baiknya, dan bukan terus menerus merasa iri, cemburu, atau obsesif dengan hidup orang lain.

 

3. Berani Membuat Keputusan Sendiri

Tiap keputusan dan pilihan yang diambil selalu disertai dengan kesadaran penuh. Apalagi yang terkait keputusan besar tentang pendidikan, pekerjaan, hingga pernikahan, saat kita bisa membuat keputusan yang terbaik untuk diri kita sendiri, di situlah ada jiwa kuat dan tegar di dalam diri. Membuat sebuah pilihan yang bisa kita pertanggungjawabkan tentu saja merupakan salah satu bentuk keberanian diri.

4. Bisa Melihat Sisi Baik Segala Sesuatu

Memang tidak semua hal yang kita dapati atau alami adalah hal yang sepenuhnya positif, tetapi kita selalu bisa mengupayakan untuk memiliki cara pandang positif agar lebih optimistis dalam menjalani hidup. Segala sesuatunya kita sikapi dengan mengutamakan sisi baiknya. Meskipun ada ujian dan cobaan berat yang menerpa, kita berupaya untuk tidak cemas berlebihan menghadapinya.

5. Berani Bangkit setelah Terpuruk

Terjatuh dan terpuruk menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup. Hanya saja, kita selalu berupaya dan melakukan usaha terbaik kita untuk selalu bangkit setelah terjatuh. Kegagalan memang membuat kita tersiksa, tetapi kita masih memilih untuk melangkah kembali setelah mengumpulkan kekuatan. Walau ada hal-hal yang terjadi di luar keinginan, kita senantiasa berproses untuk jadi diri kita dengan versi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Semoga kita bisa menjalani hidup ini dengan penuh makna, ya. Menjadi perempuan tegar menjadi sebuah kebutuhan sendiri agar bisa bertahan di tengah masalah kehidupan yang datang silih berganti.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading