Sukses

Lifestyle

4 Tips agar Tetap Fokus Sepanjang Hari saat Bekerja

Fimela.com, Jakarta Fokus pada pekerjaan bisa menjadi sulit, tetapi lebih sulit lagi jika banyak gangguan datang. Gangguan begitu mudah datang dalam kehidupan kita. Bahkan ketika saat-saat tenang, gangguan praktis datang saat dirimu memeriksa notifikasi media sosial atau berita utama baru.

Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat dapat meningkatkan produktivitas serta kualitas pekerjaanmu. Mempertahankan perhatian memungkinkan kita untuk membangun realitas sehingga pikiran, motivasi dan emosi yang paling relevan dengan tujuan kita dapat menjadi tujuan utama.

Nah, jika dirimu merasa kurang fokus, beberapa tips ini dapat membantumu meningatkan kemampuan fokus dan konsentrasimu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Latih Otakmu

Kita lebih rentan merasa sulit fokus, atau pelupa jika tidak berolahraga dan menjaga pikiran tetap segar. Pastikan untuk melakukan olahraga dan menjaga kondisi tubuh tetap fit. Selain itu kamu juga dapat melakukan jenis permainan yang dapat membantumu meningkatkan konsentrasi. Kamu bisa mencoba teka-teki silang atau catur. Piliha permianan yang melibatkan pencarian kata. 

 

2. Hilangkan Gangguan

Tidak selalu sesederhana kedengarannya untuk mengurangi sumber gangguan ini. Meskipun mungkin semudah mematikan televisi atau radio, berurusan dengan rekan kerja, pasangan, anak, atau teman sekamar yang mengganggu mungkin jauh lebih sulit. Untuk membatasi atau menghilangkan gangguan internal seperti itu, pastikan kamu cukup istirahat sebelum melakukan aktivitas, dan gunakan ide-ide positif untuk memerangi ketakutan dan kekhawatiran. Jika pikiranmu mengembara ke pikiran yang mengganggu, secara sadar kembalikan perhatianmu ke aktivitas yang ada.

3. Meditasi

Meditasi bermanfaat karena berbagai alasan. Ini mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, dan dapat meningkatkan rentang perhatianmu. Menurut penelitian, itu meningkatkan memori dan kognisi. Mulailah pagimu dengan sesi meditasi kecil untuk menuai manfaat meditasi di tempat kerja. Meditasi bisa sesederhana duduk tegak di tempat tidur selama beberapa menit dan fokus pada pernapasan

4. Tingkatkan Kebahagiaanmu

Aktivitas fisik, kebiasaan makan, dan berat badan adalah semua faktor yang dapat memengaruhi seberapa baikmu beroperasi dan berkonsentrasi. Misalnya, jika kamu melewatkan sarapan, kamu tidak mungkin dapat menyelesaikan tugas dengan kemampuan terbaik pada tengah hari karena sensasi lapar. Menjaga kesehatan, tetap aktif, dan makan makanan yang meningkatkan konsentrasi semua dapat membantumu meningkatkan konsentrasi.

Well, tingkatkan konsentrasimu dengan mengonsumsi makanan sehat, ya Sahabat Fimela. Karena asupan yang kamu makan memengaruhi kondisi tubuhmu. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading