Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatasi Keraguan dan Tidak Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Keraguan diri adalah emosi yang kuat. Ini dapat mendistorsi pandanganmu tentang berbagai aspek kehidupan, termasuk hubungan. Ketika kita mengalami keraguan dan rasa tidak aman, kita menilai diri kita sendiri dengan kasar, menahan diri pada standar yang tidak realistis, dan sering bertanya-tanya mengapa kita layak untuk dicintai. Dibiarkan tidak terkendali, keraguan diri bisa berbahaya, jika bukan bencana, bagi kesehatan suatu hubungan.

Lalu bagaimana untuk keluar dari rasa ragu terhadap diri sendiri? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Nikmati Hal-hal yang Kamu Suka

Pada awalnya, kamu mungkin tidak ingin melakukannya. Tetapi dengan hanya mencoba, kamu akan mulai membangun kepercayaan diri. Lakukanlah hal-hal yang kamu sukai, misalnya seperti menggeluti hobimu yang mungkin lama nggak kamu lakukan.

2. Cari Akar Masalahnya

Ini bisa berarti berbicara dengan keluarga, atau ke teman dekatmu. Bagi sebagian besar dari kita, baik keluarga atau teman membantu membentuk karakter dan kebiasaan kita. Mungkin saja, kamu dapat berbagi masalah dengan mereka dan mendapatkan solusi terbaik.

3. Mulai Ritual Perawatan Diri

Mulailah dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu berharga dan bahwa kamu cukup pintar, cukup cantik, cukup baik, dan lainnya. Ada beberapa cara untuk membangun perawatan diri, mulai dari meninggalkan catatan di sekitar rumah, menghadap ke cermin, memanjakan diri hingga saat-saat tenang sendirian. Pilih salah satu yang paling cocok untukmu, dan mulailah berlatih hari ini.

4. Memaafkan Diri Sendiri

Memaafkan diri sendiri terkait dengan melakukan kebaikan saat membuat kesalahan, gagal, atau mengalami kemunduran. Berbicara kasar kepada diri sendiri tidak akan memotivasi dirimu untuk menjadi lebih baik. Justru sebaliknya dirimu akan semakin dijauhkan dari kepercayaan diri. Tidak apa-apa meluangkan waktu untuk menertawakan kegagalan dan menganggap itu sebagai hal yang wajar, karena tidak ada manusia yang sempurna yang tak pernah membuat kegagalan atau kesalahan.

5. Hadapi Ketakutan

Seseorang sering kali terhambat dalam melakukan sesuatu karena mengalami ketakutan dalam dirinya. Mulai saat ini buatlah daftar tentang apa yang kamu takuti dan cobalah untuk menaklukkan hal tersebut. Terkadang apa yang terlihat menakutkan tak selalu seperti itu dalam realitasnya, karena ketakutan itu berasal dari dirimu sendiri. Mungkin saat menaklukkan ketakutan dirimu akan merasa malu, merasa tidak nyaman atau merasa aneh, namun itu hanya perasaan tidak akan membunuhmu.

Well, jangan meragukan dirimu, karena kamu begitu berharga. Percaya dengan kemampuan yang kamu miliki.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading