Sukses

Beauty

15 Penyebab Wajah Kering dan Kusam yang Bikin Nggak Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu sedang melihat cermin dan melihat pada bagian wajah ada yang kurang bersinar hal ini mungkin berhubungan bahwa kamu memiliki kulit kusam. Kulit kusam merupakan salah satu masalah yang umum terjadi pada perempuan atau bahkan laki laki dan dapat dikaitkan dengan banyak faktor seperti penuaan, polusi dan stress.

Memiliki kulit kering dan kusam tentu membuat kita kurang percaya diri, hal ini mungkin membuat kita bertanya tanya apa saja penyebab nya dan bagaimana cara mendapatkan kulit yang sehat dan cerah. Kulit merupakan organ terbesar bagian tubuh, jadi masuk akal jika kamu mengalami kulit yang kering atau bahkan kurang sehat.

Memiliki kulit yang cerah dan sehat impian semua perempuan akan tetapi ketika kita sudah melakukan perawatan jarang kita mengalami beberapa efeknya, padahal mempertahankan kulit yang sehat cukup sulit. Berikut beberapa penyebab kulit kering dan kusam yang sering terjadi:

 

1. Kurang Pelembab

Kurangnya pelembab tentu dapat menyebabkan kulit kering, hal ini juga dapat melpengaruhu kesehatan dan vitalisasi kulit kamu. Untuk membuat kulit halus dan reflektis, disarankan untuk menggunakan pelembab atau moisturizer dua kali sehari. Tak hanya membantu melembabkan kukit saja hal ini juga dapat melindungi lapisan atas kulit agar tetap bersinar.

2. Lingkungan Sekitar

Udara dan atmosfer tempat kamu berada sehari-hari tidak hanya berpengaruh pada paru-paru saat kamu menghirup nya, tetapi hal ini juga dapat berpengaruh jika mereka menempel di kulit kamu. Udara yang tercemar mengandung ribuan partikel kecil seperti kotoran dan kapan yang babkan kulit memiliki tekstur yang kusam serta tidak rata. Partikel partikel inilah yang dapat membuat kulit tampak lebih suram dan menyebabkan kamu memiliki lebih banyak kerutan.

Perlu dipastikan bahwa kamu harus mencuci wajah, kotoran yang terkumpul di sepanjang hari di malam hari jika tidak. Jika kamu sudah merasa lelah di malam hari sebelum tidur, ada baiknya menggunakan tisu pembersih wajah. Meskipun tidak membersih secara keseluruhan tetapi hal ini jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

3. Stress

Memiliki kulit yang terlihat kusam dapat membuat kamu stress, padahal ketika kamu stress akan mengalami lebih banyak masalah kulit. Stress di ekspresikan dalam berbagai bentuk di tubuh kita mendapatkan masalah kulit salah satunya, tentu saja kamu perlu mengurangi tingkat stres dan tidur lebih banyak, hal ini dapat membuat kulit tampak sedikit lebih terjaga dan cobalah pijat wajah dengan cepat. Ini akan merangsang aliran darah serta memberi kulit yang lebih bercahaya dan terjaga.

4. Diet

Seperti dengan stres, tidak minum cukup air akan mengurangi aliran darah ke wajah yang membuat kamu terlihat lelah. Dalam beberapa kasus dehidrasi tidak boleh dipandang sebagai masalah jangka pendek dan dapat di selesaikan hanya dengan satu gelas saja, memiliki kulit dehidrasi menyebabkan efek jangka panjang seperti garis garis halus dan kerutan.

Kerutan biasanya muncul lebih dalam di kulit yang terus menurus mengalami dehidrasi, itulah sebabnya mengapa minum air dalam jumlah kasus setiap hari sangat penting. Mempertahankan diet yang sehat serta seimbang bukanlah hal yang baru bagi siapapun, diet yang tinggi gula dan lemak merupakan salah satu penyebab utama dari kulit kusam yang mungkin kamu alami.

Makanan olahan dan asin juga dapat menyebabkan hilangnya cahaya di kulit karena mereka menahan cairan dengan sangat baik, hal ini memungkinkan mereka untuk berpindah ke sel lain.

5. Menggunakan Produk yang Salah

Seperti halnya melakukan eksfoliasi pada wajah ada baiknya jika kamu memastikan bahwa jenis produk yang kamu gunakan suara dengan jenis kulit yang kamu miliki. Misalnya jika kamu menginginkan kulit yang cerah dan Bercahaya tetapi memiliki jenis kulit yang kering ada baiknya menghindari formula penyerap minyak atau mattufyung saat mendapatkan perawatan kulit.

6. Penuaan

Seiring bertambahnya usia kulit tentu akan mengalami perubahan, tingkat pergantian sel melambat karena penurunan sintesis kolagen, Hal ini berarti hilangnya elastisitas dan semangat kulit yang menyebabkan garis- garis halus serta kusam.

7. Penumpukan Sel Mati

Karena tingkat pergantian sel yang lebih lambat, sel sel mati cenderung tetap berada di atas epidermis untuk waktu yang lebih lama. Hal ini dapat menyebabkan adanya penumpukan sel-sel kulit mati yang dapat menghilangkan cahaya alami kulit dan membuat kita tambah lebih kusam dan tidak bercahaya.

8. Kulit Kering

Kekeringan kulit bisa menjadi salah satu penyebab utama ketika kulit tidak dapat mempertahankan kelembapan hal ini dapat menyebabkan hilangnya cahaya dan kekenyalan. Kulit kering dapat terjadi karena suhu yang turun, tidak cukup melembapkan, atau adanya kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

9. Sirkulasi Darah yang Buruk

Ketika sirkulasi darah tubuh memburuk, maka dapat membatasi aliran darah ke sel sel epidermis di wajah. Karena darah mengandung zat pembangun yang disebut hemoglobin, aliran darah lebih sedikit k permukaan kulit. Dengan begitu kamu dapat mengalami warha kulit yang pucat atau bahkan kusam.

Cara Mencegah Wajah Kering dan Kusam

10. Melakukan Eksfoliasi Secara Teratur

Adanya penumpukan di sel kulit mati merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari kulit kuaam, hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara eksfoliasi kulit. Eksfoliasi merupakan salah sayu cara yang tepat untuk membantu pengelupsan sel-sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit.

11. Melembabkan Kulit

Menjaga kelembabpan kulit merupakan salah satu kunci untuk mencegah kulit kering dan kusam, kamu dapat melembabkan dengan menggunakan moisturizer di siang dan malam hari.

12. Mengoleskan Masker Wajah di Malam Hari

Untuk dorongan hidrasi tambahan, kamu dapat menggunakan masker wajah semalaman dalam rutinitas perawatan kulit malam. Masker wajah di malam hari merupakan salah satu cara untuk menambah kelembapan pada kulit dan seringkali mengandung bahan aktif untuk meremajakan kulit saat bangun tidur. Sehingga saat bangun tidur kulit terlihat cerah dan bercahaya.

13. Menggunakan Peoduk Kulit untuk Mencerahkan

Untuk membantu mencerahkan kulit yang kusam dan kering, Pililah produk perawatan kulit yang mengandung bahan pencerah dan menyebabkan. Hal ini termasuk:

  • Arbutin.
  • Asan kojic.
  • Niacinamide.
  • Retinol.
  • Vitamin C.

14. Menggunakan Tabir Surya

Perlindungan matahari yang tidak memadai untuk dapat menyebabkan kulit kering dan rusak akibat paparan sinar matahari, hal ini juga dapat memperburuk hiperpigmentasi kulit. Ada baiknya jika kamu menggunakan tabir surya spektrum dengan SPF 30 ke atas untuk mencegah bintik hitam dan kulit kusam, ingatlah untuk menuliskan kembali tabir surya setiap dua jam untuk menjaga kulit tetap terlindungi.

15. Jaga Kulit Terhidrasi

Selain menggunakan produk perawatan kulit yang menyebabkan ada cara lain untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, minumlah setidaknya enam sampai delapan gelas cairan sehari. Hal ini juga termasuk minuman khas gula, kopi, teh, dan susu akan tetapi jika kamu tidak menyukai minuman mulai sekarang diperbanyakan asupan buah dan sayur.

Kamu menyadari kulit yang kering dan kusam membuat tidak percaya diri, ada baiknya untuk memperhatikan jenis yang kamu gunakan serta bahan bahan di dalam melakukan dan lingkungan sekitar ternyata juga memiliki dampak pada kecerahan kulit. Mulai sekarang memilih produk yang tepat agar mendapat perubahan yang diperlukan, serta perhatikan kaya hidup dan perawatan kulit yang justru dapat merusak kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading