Sukses

Lifestyle

5 Kehebatan Perempuan yang Terbiasa Melakukan Banyak Hal Sendirian

Fimela.com, Jakarta Terbiasa melakukan banyak hal sendirian bukan berarti kita tak butuh bantuan orang lain. Tentu kita masih butuh orang lain dan masih perlu berinteraksi dengan orang lain. Hanya saja, ketika kita memilih untuk terbiasa mandiri dan melakukan berbagai hal masih sanggup kita lakukan dengan kemampuan sendirian, ada kelebihan istimewa yang akan kita miliki.

Rasa takut, cemas, atau khawatir mungkin masih akan menghantui kita dalam melakukan sesuatu sendirian saja. Bepergian sendirian, menikmati pengalaman baru sendirian, dan mencoba berbagai hal baru seorang diri kadang membuat kita cukup was-was. Bahkan memperjuangkan sesuatu seorang diri juga bisa sangat menguras energi kita. Namun, seiring perjalanannya akan ada sejumlah keunggulan atau kehebatan yang bisa kita peroleh.

 

1. Memiliki Jiwa yang Lebih Kaya

Sebagai contoh, kita terbiasa untuk melakukan hal yang kita suka sendirian seperti nonton bioskop dan liburan agar bisa menikmati momen yang ada pada saat ini. Dapat menghayati hidup pada masa kini bisa memperkaya jiwa kita. Mengutip buku Happiness Inside, jika kita benar-benar memperhatikan apa yang kita kerjakan pada momen ini, muncullah rasa-rasa baru yang belum pernah kita rasakan dan akan memperkaya jiwa dan tubuh kita. Terbiasa melakukan banyak hal sendirian membuat kita lebih fokus pada tiap hal yang kita kerjakan, dan pengalamannya bisa membuat jiwa kita makin kuat dan kaya.

2. Punya Rasa Percaya Diri Tinggi

Ada saat kita perlu bersama orang lain. Ada saat kita perlu melakukan sejumlah orang secara mandiri. Baik ketika menikmati hobi atau memperjuangkan impian, kita bisa berupaya menjadi perempuan yang mandiri dan berdaya dapat meningkatkan rasa percaya diri kita. Sebab kita tahu diri kita berharga dan kita selalu punya pilihan untuk melakukan hal-hal terbaik untuk hidup kita sendiri.

3. Lebih Mudah Bahagia

Karena tak terbiasa menunggu dibahagiakan orang lain, kita jadi lebih mudah merasakan ketenangan dan kenyamanan dalam hidup. Bukan berarti kita menolak bantuan atau sikap baik orang lain, tetapi kita paham bahwa kebahagiaan adalah sepenuhnya tanggung jawab diri kita. Sehingga ketika merasa sedih, kita bisa melakukan hal-hal sederhana untuk meningkatkan suasana hati kita jadi lebih baik lagi.

 

4. Punya Kemampuan Kontrol Emosi yang Baik

Seseorang yang mampu mengontrol emosi dengan baik punya ciri khas tersendiri. Mengutip buku How to Respect Myself, orang yang mampu mengontrol emosi dengan baik memahami apa, sebesar apa, dan apa dampak emosi yang dirasakannya. Orang yang bisa mengontrol emosi dengan baik tidak akan bertindak sembarangan saat emosi sedang tinggi. Terbiasa melakukan banyak hal sendirian membuat kita lebih mengenal diri dengan lebih baik lagi. Sehingga kemampuan kontrol emosi kita bisa semakin baik dari waktu ke waktu.

5. Mudah Beradaptasi pada Perubahan Baru

Terbiasa melakukan banyak hal sendirian membuat kita terbiasa pula untuk tahu cara kita membawakan diri di situasi-situasi baru. Seiring perjalanan waktu, kita jadi punya kemampuan beradaptasi yang lebih baik. Tidak gampang panik saat menghadapi hal-hal baru sebab kita bisa menata ekspektasi dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Terima kasih untuk kalian semua yang sudah berupaya menjadi perempuan yang mandiri dan berdaya. Tetap lanjutkan melakukan hal-hal baik dan terus berproses jadi diri dengan versi yang lebih baik dari waktu ke waktu, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading