Sukses

Lifestyle

Jepang Jadi Negara Paling Pintar di Dunia, Indonesia Ada di Urutan ke Berapa?

Fimela.com, Jakarta Perkembangan dunia yang semakin canggih didorong oleh tingkat kecerdasan masyarakat dunia yang juga semakin meningkat. Namun jika bicara negara mana yang paling pintar di dunia, sepertinya agak sulit ditentukan, mengingat ada begitu banyak faktor yang bisa menentukan.

Mulai dari jumlah populasi di suatu negara, rata-rata IQ, atau jumlah penerima nobel di suatu negara. Namun para ahli kependudukan dan intelijen terus merancang metode dan pendekatan baru untuk menemukan negara mana yang mendapat predikat paling pintar di dunia.

Metode ini juga membantu menyusun peringkat realistis negara terpintar di dunia.

Beberapa studi intelijen dunia yang paling terkenal dan dipublikasikan secara luas merupakan rancangan dari psikolog Inggris Richard Lynn. Dalam studinya pada 2019 yang bertajuk The Intelligence of Nations, Lynn bersama David Becker menentukan negara mana yang paling pintar di dunia berdasarkan rata-rata IQ masyarakatnya.

 

Jepang punya rata-rata IQ paling tinggi

Seperti dikutip dari World Population Review, Lynn mengukur IQ rata-rata warga di 132 negara. Hasilnya, Jepang menduduki peringkat pertama sebagai negara paling pintar di dunia. Jika dilihat dari rata-rata IQ warganya, Jepang memiliki nilai 106,49.

Di bawah Jepang, ada Taiwan dan Singapura yang memiliki rata-rata nilai IQ 106,47 dan 105,89. Ada alasan mengapa Jepang dan negara lain masuk dalam kategori sebagai negara paling pintar di dunia. Hal ini terkait dengan sistem pendidikan yang ada di negara tersebut.

 

Kaitan pendidikan dan tingkat kecerdasan

Pendidikan dan kecerdasan memiliki ikatan yang erat. Sistem pendidikan yang lebih kuat cenderung menghasilkan populasi yang lebih cerdas dari waktu ke waktu. Dengan pemikiran ini, beberapa penelitian menggunakan peringat pendidikan dari berbagai negara sebagai dasar untuk perbandingan kecerdasan.

Sementara itu, Indonesia berada di urutan ke 114 dalam daftar negara terpintar di dunia. Indonesia meraih urutan ini dengan nilai IQ rata-rata 78,49 dengan populasi pendudukan 279juta lebih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading