Sukses

Lifestyle

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Orang Cerdas dan Pintar

Fimela.com, Jakarta Seringkali orang beranggapan bahwa pintar dan cerdas merupakan kedua hal yang sama. Banyak orang yang mengaitkan kata pintar dan cerdas.

Meski kata pintar dan cerdas merupakan kata yang maknanya hampir sama, tetapi definisi keduanya sebenarnya sangatlah berbeda.

Orang pintar belum tentu cerdas. Sebaliknya, orang yang cerdas juga belum tentu pintar. Lalu, apa perbedaan antara orang pintar dan cerdas? Simak berikut ini selengkapnya ya, Sahabat Fimela.

 

1. Pintar diperoleh sesudah lahir, cerdas diperoleh sebelum lahir

Untuk menjadi pintar, dibutuhkan proses untuk memahami suatu hal terlebih dahulu dengan jangka waktu tertentu. Artinya, pintar adalah status yang diperoleh. Ketika kita belajar, kita menjadi lebih pintar dalam materi pelajaran.

Sementara, cerdas adalah sesuatu yang didapatkan sejak seseorang dilahirkan. IQ adalah ukuran kecerdasan seseorang, dan tidak berubah karena itu merupakan ukuran kemampuan untuk belajar.

2. Orang pintar mengandalkan pengetahuan, orang cerdas mengandalkan logika dan pengetahuan

Orang pintar juga akan mengandalkan pengetahuan yang pernah ia pelajari. Orang pintar bisa menjawab sesuai dengan apa yang dipelajarinya, maka tak heran jika orang pintar akan berprestasi di bidang akademik.

Berbeda dengan orang cerdas yang mengandalkan logika dan pengetahuan sebagai pendukungnya. Sehingga orang cerdas tidak hanya menguasai satu bidang saja, tetapi juga bidang yang lainnya.

3. Orang pintar lebih disiplin dan teratur, orang cerdas lebih kreatif

Orang pintar juga lebih teratur, mengikuti arahan apa yang dipelajarinya. Menjadi pintar membutuhkan proses untuk memahami suatu hal terlebih dahulu dengan jangka waktu tertentu karena harus melalui pembelajaran.

Sedangkan orang cerdas akan berpikir secara kreatif mencari solusi tercepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

4. Orang pintar berpikir panjang, orang cerdas berpikir pendek

Jika orang pintar sering berpikir panjang dan memperhitungkan semuanya dengan detail. Orang cerdas lebih sedikit berpikir Meski sedikit berpikir, orang cerdas lebih banyak bertindak.

5. Orang pintar selalu berpikir, orang cerdas selalu berusaha

Saat ditimpa suatu musibah, orang pintar selalu berpikir bagaimana caranya bisa bangkit kembali. Sementara orang cerdas akan selalu berusaha bangkit dari kegagalan.

Oleh karena itu, orang cerdas umumnya lebih cepat bangkit dari kegagalan.

Bagaimana menurutmu, Sahabat Fimela? 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading