Sukses

Lifestyle

5 Penyebab HP Batre Cepat Habis dalam Beberapa Jam

Fimela.com, Jakarta Baik kamu memiliki iPhone atau smartphone Android mungkin kamu akan cukup familiar perjuangan mu untuk selalu menjaga smartphone tersebut tetap berjalan seperti baru beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun setelah kamu membelinya. Semua smartphone mahal maupun murah tentu memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing masing.

Banyak handphone yang memiliki kelebihan di bagian kamera, baterai, dan beberapa memori yang banyak. Tapi ada salah satu masalah yang sering terjadi ketika kamu membeli Handphone, yaitu baterey yang cepat habis. Wajar jika kamu sering memainkan hp mulai pagi hingga malam atau hanya dilakukan untuk streaming tentu baterai hp akan lebih cepat habis.

Tetapi jika kamu terlalu sering mengecas hp tentu dapat membuat hp tersebut menjadi lebih cepat rusak. Banyak cara untuk mengatasi masalah satu ini tetapi kamu perlu Mengetahui beberapa penyebab baterai hp cepat habis. Berikut beberapa penyebab yang perlu kamu tahu:

1. Kecerahan Tampilan yang Tinggi

Kecerahan maksimal tentu membuat kita tidak nyaman saat bermain hp, akan tetapi terkadang hp akan otomatis memberikan kecerahan maksimal saat kamu berada di luar ruangan. Ternyata hal ini memiliki pengaruh yang cukup besar pada baterai hp, kecerahan maksimal juga dapat menguras baterai lebih jauh. Ada baiknya jika kamu mempertahankan kecerahan layar seminimal mungkin untuk menghemat sedikit masa pakai baterai.

2. Background Applikasi

Aplikasi latar belakang pada dasarnya berfungsi ketika kamu tidak menggunakannya secara langsung, aplikasi ini biasanya akan memantau atau mengontrol aspek tertentu dari ponsel tanpa campur tangan kamu akan tetapi hal ini dapat menghabiskan baterai secara signifikan.

3. Selalu Terkoneksi Selama 24/7

Ternyata kamu tidak perlu khawatir untuk tetap mengaktifkan wifi atau data setiap saat sehingga dapat tetap terhubung atau terkoneksi di siang dan malam hari. Akan tetapi hal ini dapat menguras baterai ponsel secara signifikan karena kamu akan terus menurus mendapatkan notifikasi, pembaruan background, dan masih banyak lain yang mungkin tidak kamu butuhkan.

Sebaiknya selama jam tidur merupakan waktu yang tepat untuk matikan Wifi saja kamu cukup mengalahkan ponsel ke dalam mode pesawat. Namun, jika kamu khawatir kehilangan panggilan penting dapat menon aktifkan Wifi dan data agar dapat tetap menerima panggilan telepon.

4. Baterai HP Lama

Terkadang, bukan aplikasi atau setelan yang mempengaruhi masa pakai baterai ponsel melainkan baterai itu sendiri. Seperti segalanya ponsel yang sudah tua tentu seiring waktu akan berjalan tidak sebagus saat pertama kali kamu membeli. Setelah dua atau tiga tahun tergantung pada model ponsel ada bata yang tidak lagi dapat mencapai kapasitas maksimum aslinya dan menyebabkan hp baterai cepat habis.

5. Applikasi Pelacak HP

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat melacak lokasi kamu, seperti Google maps, bumble, dan masih banyak lainnya. Mungkin kamu akan berfikir bahwa aplikasi ini hanya melacak lokasi saat kamu menggunakannya secara langsung ternyata hal ini tidak selalu terjadi. Pemantauan lokasi yang konstan juga membutuhkan energi Anda dapat mengurangi masa pakai baterai hp.

Ada beberapa cara untuk membentuk baterai hp lebih awet yaitu menggunakan pengisi daya asli yang disertakan dengan hp saat mengisi daya karena hal ini memiliki peluang lebih besar untuk memungkinkan baterai mencapai kapasitas optimal. Selain itu kamu juga perlu memeriksa aplikasi mana yang lebih banyak menghabiskan masa pakai baterai dan dapat dilakukan di pengaturan ponsel di bagian baterai.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading