Sukses

Lifestyle

8 Cara khas Orang Indonesia Merayakan Lebaran

Fimela.com, Jakarta Setiap negara dengan penduduk Islam mungkin merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan cara yang berbeda-beda. Di Indonesia, setiap keluarga pasti memiliki tradisi khas yang unik dan terasa tidak lengkap jika tidak dilakukan. Dilansir dari Indonesia.travel, ini sekian cara khas masyarakat Indonesia merayakan Lebaran.

1. Mudik

Jauh-jauh hari sebelum Lebaran, orang-orang Indonesia yang berada di perantauan pasti sudah mencari tiket perjalanan untuk mudik ke kampung halamannya. Ini sudah menjadi tradisi mendarahdaging pada masyarakat Indonesia yang sebagian besar memang mencari rezeki di kota lain. Pulang ke kota asal untuk silaturahim ke orangtua atau bertemu keluarga adalah hal yang paling bisa mendamaikan hati orang Indonesia.

2. Salat Idul Fitri

Orang-orang muslim Indonesia akan berbondong-bondong ke masjid di pagi hari untuk melaksanakan salat Idul Fitri berjamaah. Orang-orang umumnya akan memakai pakaian terbaik yang mereka miliki, dan karena inilah muncul tradisi beli baju baru atau baju lebaran agar bisa tampil baik dan 'baru' di hari yang fitri.

3. Membayar zakat

Di akhir bulan Ramadan, sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim untuk membayar zakat dengan beras yang dikumpulkan di masjid dan kemudian akan diserahkan ke orang-orang yang membutuhkan.

4. Menyiapkan banyak kue kering

Orang Indonesia juga akan selalu belanja banyak kue kering atau camilan untuk dijadikan suguhan di ruang tamu selama Lebaran. Tujuannya sederhana, untuk menjamu tamu yang datang berkunjung silaturahim ke rumah sekaligus sebagai penanda datangnya perayaan hari spesial Idul Fitri, bagi yang merayakan.

5. Menyajikan banyak makanan

Salah satu ciri khas orang Indonesia saat lebaran lainnya adalah merayakan dengan makan-makan. Pasti akan ada banyak makanan saat lebaran, terutama untuk menandai selesainya bulan Ramadan atau tidak adanya kewajiban untuk berpuasa lagi. Ketupat, opor ayam, rendang dan makanan bersantan lainnya pasti sangat mudah ditemukan di setiap rumah.

 

6. Sungkeman

Hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang tidak akan lepas dari tradisi sungkeman, yaitu meminta maaf dengan cara duduk di lantai dan mencium kaki atau lutut orangtua demi mendapatkan maaf atas segala kesalahan yang pernah dilakukan. Karena bagaimana pun, kita sebagai manusia pasti pernah melakukan kesalahan dalam setahun belakangan, dan permintaan maaf yang harus didapatkan pertama kali adalah dari orangtua.

7. Halal bi Halal

Halal bi halal juga menjadi tradisi yang secara alami dilakukan setiap orang, yaitu meminta maaf pada tetangga sekitar, teman, kerabat, rekan kerja dan bahkan orang-orang yang ditemui di jalan.

8. Memberi bingkisan dan uang lebaran

Anak-anak dan remaja seringkali mendapatkan uang lebaran sebagai tanda merayakan hari suci dari orang yang lebih tua. Untuk yang seumuran seperti teman, relasi kerja dan lain sebagainya, orang-orang umumnya saling mengirim bingkisan lebaran.

Itu dia sekian cara orang Indonesia merayakan lebaran atau Hari Raya idul Fitri. Kira-kira cara apa unik yang mungkin kamu lakukan bersama keluarga, Sahabat Fimela?

#Women for Women

What's On Fimela
Loading