Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Kebakaran Rumah yang Patut Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Peristiwa kebakaran rumah kerap terjadi di pemukiman yang padat penduduk. Penyebab kebakaran di rumah umumnya dipicu oleh kelalaian manusia. Mulai dari korsleting listrik sampai api dari puntung rokok.

Kebakaran rumah yang terjadi di daerah pemukiman penduduk seringkali sulit untuk dipadamkan karena api menjalar ke rumah-rumah warga lainnya. Maka dari itu, peristiwa kebakaran rumah biasanya akan membuat penghuninya kehilangan harta benda, bahkan nyawa. 

Sebanarnya kebakaran rumah ini dapat dicegah apabila kamu tahu penyebabnya sehingga kamu bisa menghindari dan bersikap waspada. Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas 5 penyebab kebakaran rumah yang patut diwaspadai. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

1. Masalah Penggunaan Kabel Rusak

Pemicu yang paling umum mengakibatkan kebakaran rumah ialah karena penggunaankabel yang tidak layak atau rusak. Akibat lama pemakaian, lapisan pembungkus kabel mengelupas atau akbel digigit tikus sehingga jaringannya terbuka. 

Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan secara rutin terhadap kondisi instalasi listrik agar penyebab kebakaran di rumah tidak terjadi. Apabila ditemukan ada kabel yang terkelupas dan berpotensi jadi penyebab korsleting listrik di rumah sampai kebakaran.

Sebagai langkah pencegahan, disarankan agar kamu menutup kabel dengan plester khusus listrik yang banyak dijual di toko-toko alat listrik. Jika sudah sangat parah ada baiknya diganti. Perbaharui instalasi listrik di rumah minimal sekali dalam jangka waktu lima tahun.

2. Membuang Sampah Rokok Sembarangan

Membuang puntung rokok sembarangan dalam kondisi api belum dimatikan merupakan tindakan yang bisa memicu kebakaran. Sayangnya hal ini kerap disepelekan. 

Padahal, rokok yang dibuang sembarangan di tempat sampah tanpa dimatikan dulu bisa memicu percikan api. Tak hanya di tempat sampah, tetapi membuangnya dekat taman atau dedaunan kering saat musim kemarau sangat berisiko.

Pemantiknya adalah sampah-sampah plastik dan ketas. Bila puntung rokok dibuang sembarangan, penyebab kebakaran di rumah karena rokok berisiko sekali. Maka dari iitu, hindari membuang puntung rokok sembarangan,agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

3. Kelalaian saat Memasak di Dapur

Berikutnya, penyebab kebakaran rumah juga dipicu oleh kelalaian saat kamu memasak di dapur. Contohnya adalah seperti saat kamu lupa mengangkat wajan atau pansi setelah selesai memasak. 

Hal ini tidak boleh kamu sepelekan karena jika kedua benda tersebut terlalu lama kontak dengan api, maka ini bisa menjadi penyebab kebakaran di rumah.

Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Mudah saja, mulai hindari memasak sambil meninggalkan dapur. Lebih baik ditunggui.

4. Rumah Tersambar Petir

Fenomena alam seperti tersambar petir juga dapat menyebabkan kebakaran rumah. Kasus kebakaran karena petir di pekarangan rumah biasanya terjadi saat musim penghujan. Petir akan menyambar lokasi rumah yang aktif menggunakan barang elektronik seperti tv, ponsel, dan lain-lain. Potensi rumah tersambar api juga akan semakin besar jika pada rumah tersebut tidak dipasan alat penangkal petir. 

 

5. Cairan yang Mudah Terbakar

Terakhir, penyebab kebakaran rumah yang kelima dipicu oleh cairan-cairan di rumah yang mudah terbakar. Cairan tersebut diantaranya seperti, bensin, solar, minyak tanah, lem, dan parfum dapat memicu kebakaran.

Maka dari itu, untuk mencegahnya, ada baiknya jika kamu menaruh cairan reaktif tersebut ke tempat yang aman.

Jangan sampai hanya karena satu tetes cairan tersebut tercecer, sepuluh rumah dilalap habis oleh si jago merah. Kasus penyebab kebakaran di rumah di kota-kota besar selain listrik adalah cairan yang ditaruh sembarangan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading