Sukses

Lifestyle

Diary Fimela: SalaKilo Mengolah Buah Salak jadi Bisnis yang Meraup Cuan

Fimela.com, Jakarta ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, terus berupaya mendorong pelaku usaha dari berbagai skala untuk mengembangkan bisnisnya. ShopeePay telah menghadirkan berbagai inisiatif dan terobosan dalam mendukung para pelaku UMKM bangkit melalui berbagai program, kampanye promo menarik, dan juga ragam fitur-fitur yang bermanfaat bagi pelaku usaha dalam menjangkau visibilitas usaha yang lebih besar. Tidak hanya itu, ShopeePay juga mendorong transformasi digital pada pemilik usaha, khususnya UMKM, sebagai roda penggerak perekonomian nasional.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi bangsa. Sektor ini banyak menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja. Dukungan dari berbagai pihak diperlukan untuk mendorong semakin banyak pemilik usaha dari berbagai skala untuk maju, termasuk bisnis rumahan yang banyak digeluti oleh perempuan. Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani, perempuan merupakan pelaku yang sangat penting dalam menjadi roda penggerak kemajuan UMKM. Tercatat per Januari 2022, di tingkat usaha mikro terdapat 52 persen dari 63,9 juta pelaku usaha mikro di Indonesia adalah perempuan. ShopeePay pun ingin turut andil dalam mendukung semakin banyak perempuan dalam memulai atau mengembangkan usaha.

Salah satu perempuan hebat yang dapat memanfaatkan peluang dan membuktikan pencapaiannya dalam membangun bisnis rumahan adalah Riswah Yuni, Pemilik SalaKilo Balikpapan, yang justru menemukan ide bisnis dari hal yang tidak disukainya. Di awal bisnisnya, Ibu Yuni menghadapi banyak tantangan seperti mindset masyarakat terhadap buah salak Balikpapan yang asam dan sepat, namun ia berhasil mematahkannya. Ibu Yuni berhasil mengubah buah salak Balikpapan yang sepat dan asam, menjadi berbagai olahan makanan dan minuman yang enak. Keberanian dan kejeliannya dalam melihat peluang pun berhasil membuahkan hasil yang manis. Saat ini, SalaKilo sudah berdiri selama 10 tahun, memiliki puluhan varian produk dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Perempuan sukses berbisnis

Ibu Yuni yakin bahwa semua orang, khususnya perempuan, bisa sukses berbisnis seperti dirinya. Berikut adalah beberapa tips dari Ibu Yuni:

1. Berani mencoba segala ide yang terlintas

Ide bisnis SalaKilo tercipta dari sesuatu yang awalnya tidak disukai oleh Bu Yuni, yaitu Salak Balikpapan yang terasa asam dan sepat. Namun, Ibu Yuni berhasil melihat peluang pasar dan berani mencoba segala ide untuk mengolahnya hingga menciptakan cake salak yang lezat dan berbagai olahan dari buah salak Balikpapan. 

2. Strategi yang tepat dalam menjangkau konsumen

Dalam menjangkau konsumen yang lebih luas, SalaKilo berani memaksimalkan penggunaan berbagai platform seperti media sosial hingga e-commerce. Terlebih, Ibu Yuni melihat masyarakat sudah semakin familiar dengan berbagai teknologi digital dalam kesehariannya. Melihat hal ini, Ibu Yuni mulai masuk ke platform e-commerce seperti Shopee, serta mengadopsi layanan pembayaran digital ShopeePay untuk menghadirkan teknologi pembayaran contactless yang aman dan mudah bagi pelanggan.

3. Kepuasan pelanggan jadi kunci utama keberhasilan bisnis 

Untuk semakin mendekatkan bisnis ke pelanggan, SalaKilo pun tak henti memberikan berbagai promo menarik. Biasanya ia berkolaborasi dengan ShopeePay, ShopeeFood, hingga Shopee untuk bergabung dalam berbagai momen kampanye dengan promo menarik bagi pelanggan. Selain itu, Ibu Yuni juga percaya bahwa menjaga kualitas produk juga tidak kalah penting dalam kunci keberhasilan bisnis.

 

Turut mendukung pertumbuhan pelaku UMKM

Turut mendukung pertumbuhan pelaku UMKM melalui transformasi digital, Eka Nilam Dari selaku Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, mengatakan, “Semakin familiarnya masyarakat dengan berbagai kemudahan teknologi hingga transaksi digital membuka peluang bagi siapapun untuk memulai usaha impiannya bahkan dari rumah. Untuk itu berbagai program, inovasi fitur, kampanye hingga kolaborasi terus kami lakukan untuk mendorong para pelaku usaha, termasuk perempuan, bersama-sama maju di era digital ini.”

Kolaborasi terbaru yang dihadirkan ShopeePay adalah dengan Komunitas Sahabat UMKM di momen Kartini lalu. Melalui sesi webinar Perempuan Berdaya Bersama ShopeePay, ShopeePay, Sahabat UMKM dan Pemilik SalaKilo Balikpapan, Riswah Yuni, mengajak lebih banyak orang untuk berani memulai usaha impiannya. Berbagai fitur ShopeePay berikut pun dapat dimanfaatkan bisnis untuk menambah visibilitas atau menghadirkan berbagai keuntungan bagi merchant dan juga konsumen, diantaranya:

Fitur ShopeePay Sekitarmu: Memungkinkan para merchant mendapatkan visibilitas lebih besar dengan memungkinkan pengguna untuk menemukan promo di merchant yang ada di sekitar mereka.Transfer ke Bank: Memudahkan pengguna ShopeePay melakukan transfer saldo ShopeePay ke bank manapun tanpa biaya dan tanpa batas kuota transfer per harinya. Fitur ini dapat dimanfaatkan pemilik usaha untuk mengelola keluar masuk dana dari akun ShopeePay ke rekening lain dengan cepat, mudah dan tanpa biaya.Fitur Upload QRIS dari Galeri Ponsel: Membantu masyarakat dan konsumen pada bisnis untuk menyelesaikan transaksi pembayarannya menggunakan ShopeePay dari rumah dengan cara mengunggah foto kode QRIS yang telah dikirimkan oleh merchant dan tersimpan di galeri ponsel. Fitur ini sangat memudahkan pemilik usaha rumahan yang belum memiliki gerai.

Dari berbagai dampak positif yang dirasakan oleh SalaKilo, Riswah Yuni ingin mendorong lebih banyak orang untuk berani memulai usahanya. “Saya percaya bahwa semua orang bisa berwirausaha, termasuk para perempuan, ibu rumah tangga, hingga anak muda. Terlebih lagi, situasi saat ini membuka banyak peluang usaha bahkan hanya dari rumah saja. Jadikanlah setiap kesempatan yang ada sebagai motivasi untuk memulai usaha.” tutup Yuni.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay untuk menikmati lebih banyak fitur menarik, seperti ShopeePay Sekitarmu dan Transfer ke Bank gratis tanpa batas.

 

#Women for Women

Loading