Sukses

Lifestyle

5 Cara Menjadi Produktif tanpa Stres Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Saat kita merasa malas, rasanya sulit untuk melakukan apa pun. Sekadar bergerak pun rasanya berat sekali. Tentu saja kita perlu istirahat dan rehat secukupnya, tetapi di sisi lain kita pun tetap perlu menjaga keseharian atau rutinitas tetap produktif agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Kali ini Fimela akan bagikan lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk menjadi produktif tanpa harus stres berlebihan. Cara-cara ini bisa menjadi langkah awal yang bisa dicoba demi memiliki rutinitas yang lebih produktif.

 

 

1. Jadwalkan Bangun Pagi

Melansir laman minimalismmadesimple.com, salah satu cara terbaik untuk kembali produktif saat merasa malas adalah bangun pagi. Kalau tak terbiasa bangun pagi, bisa coba pasang alarm untuk bangun 30 menit lebih awal dari biasanya. Bangun lebih awal akan memberi kita lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya sempat tertunda. Selain itu, bisa menghirup udara pagi bakal meningkatkan mood jadi lebih baik secara alami.

 

2. Buat Daftar Kegiatan

Tulis kegiatan atau hal-hal apa saja yang perlu dilakukan dalam sehari. Akan lebih baik jika punya jurnal atau buku harian khusus untuk menulis daftar kegiatan ini. Dengan membuat daftar kegiatan, kita akan lebih fokus dalam berkegiatan. Selain itu, tiap kali kita menyelesaikan satu kegiatan, ada rasa puas yang menyenangkan yang bisa kita dapatkan.

3. Pasang Timer

Kalau merasa sulit memulai sesuatu, coba pasang timer. Misalnya, untuk membalas email pekerjaan, coba beri waktu 30 menit untuk diri sendiri. Teknik memasang timer ini sangat efektif untuk membantu kita melakukan aktivitas yang awalnya terasa berat.

 

 

4. Ciptakan Jeda Istirahat

Menjadi produktif bukan berarti beraktivitas tanpa henti. Justru perlu ada jeda atau rehat untuk istirahat. Setiap beberapa jam sekali bisa luangkan waktu beberapa menit untuk beristirahat. Waktu istirahat bisa digunakan untuk makan, jalan-jalan sebentar, atau tidur siang untuk kembali menyegarkan tubuh.

 

 

5. Rapikan Tempat Beraktivitas

Seringkali yang membuat kita tak bersemangat untuk beraktivitas adalah ruangan atau lingkungan yang kacau. Di sini kita bisa coba merapikan semua yang kita butuhkan. Saat segalanya rapi atau berada di tempat yang seharusnya, kita bisa lebih mudah fokus mengerjakan sesuatu dan menyelesaikan semuanya tepat waktu.

Nah, jadi sudah siap untuk kembali produktif? Semoga cara dan tips di atas membantu, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading