Sukses

Lifestyle

5 Cara Menjernihkan Pikiran agar Tidak Gampang Stres

Fimela.com, Jakarta Saat pikiran sedang ruwet atau ada banyak hal yang sedang dipikirkan, rasanya kita sulit untuk tenang. Bahkan masalah yang ada jadi terasa makin sulit untuk diatasi. Di situasi seperti ini, penting bagi kita untuk berupaya menjernihkan pikiran.

Ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk menjernihkan pikiran. Saat pikiran sudah lebih jernih, kita tidak akan mudah mengalami stres. Serta, lebih mudah menemukan solusi atau jalan keluar dari persoalan yang ada.

 

1. Jalan Kaki

Melansir laman Lifehack.org, ada istilah "forest bathing" yang mengacu pada aktivitas jalan kaki di alam terbuka. Tak harus pergi ke hutan, tetapi bisa cukup dengan jalan kaki di taman atau keliling kompleks perumahan. Berjalan kaki dan memperhatikan sekitar bisa membantu kita menata pikiran. Kita terhubung dengan lingkungan sekitar kita sekaligus kembali terhubung dengan diri sendiri.

2. Melakukan Box Breathing

Lakukan latihan pernapasan dengan rasio 1:1. Maksudnya panjang tarikan napas sama dengan panjang embusan panas. Cara ini akan membantu kita mendapat lebih banyak oksigen dan menenangkan pikiran lebih baik lagi. Cara ini bisa mengoptimalkan sistem saraf parasimpatetik yang bertangguang jawab atas istirahat dan pernapasan.

 

 

3. Tuliskan Isi Pikiran

Cari tempat yang nyaman, ambil kertas dan pena, lalu tuliskan semua hal yang mengganjal di pikiran. Meski mungkin jalan keluar dari permasalahan belum ketemu, tapi setidkanya kita bisa mengurai isi kepala dan meringankan rasa sesak yang kita rasakan. Menuliskan isi pikiran ini mengikuti metode yang disebut brain dump, sebuah metode efektif untuk melepaskan isi pikiran sehingga kita bisa bernapas lebih leluasa dan memproses situasi dengan lebih baik.

 

 

4. Bermeditasi

Ini masih berhubungan dengan latihan pernapasan. Ketika isi kepala begitu riuh dan sultit berpikr jernih, menepi dan menyepi sejenak untuk kembali terhubung dengan diri sendiri. Kita bisa menggunakan aplikasi meditasi di ponsel atau mengikuti tutorial meditasi di YouTube untuk menenangkan isi pikiran.

 

 

5. Minum Kopi

Rehat sambil minum kopi bisa bantu menghadirkan perasaan rileks dan bahagia. Meluangkan waktu menikmati minuman hangat yang kita suka bisa membantu menjernihkan pikiran. Kalau tak terbiasa minum kopi, bisa diganti dengan minum teh atau cokelat hangat sesuai selera.

Semoga cara dan kiat di atas bermanfaat, ya. Semoga kita bisa menjernihkan pikiran dengan baik sehingga tidak gampang stres.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Tenang Menyikapi Orang yang Merusak Kebahagiaanmu
Artikel Selanjutnya
5 Cara Hidup Lebih Bahagia meski Merasa Gampang Bosan