Sukses

Lifestyle

5 Amalan yang Sebaiknya Diperbanyak Perempuan di Hari Jumat

Fimela.com, Jakarta Bagi umat muslim, hari jumat merupakan hari yang istimewa. Hari jumat memiliki banyak keutamaan jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Hari jumat juga menjadi hari yang mendatangkan banyak pahala ketika kita beribadah dengan sungguh-sungguh dan tulus karena Allah ta’ala. 

Jika para pria diwajibkan untuk menunaikan shalat Jumat untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda, para perempuan pun bisa melakukan beberapa ibadah utama di hari jumat. Melansir dari laman islam.nu.or.id, berikut beberapa amalan utama yang sebaiknya diperbanyak perempuan di hari jumat.

Mandi Jumat

Mandi jumat merupakan amalan utama yang bisa dilakukan perempuan di hari jumat. Barang siapa yang hendak pergi shalat jumat baik laki-laki atau perempuan, hendaknya mandi jumat terlebih dahulu.

Bershalawat

Amalan selanjutnya adalah bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan membaca shalawat, hati akan menjadi tenang dan besar peluang kita untuk mendapat syafaat dari Rasulullah di dunia maupun di akhirat nanti. 

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada mal Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali,” (HR Al-Imam Al-Baihaqi dengan sanad yang baik).

Perbanyak Berdoa

Usahakan untuk memperbanyak berdoa di hari jumat. Allah akan mengabulkan doa seseorang yang sungguh-sungguh meminta pertolongan dan ampunan kepadanya terutama jika doa itu dibaca di waktu yang terbaik seperti halnya hari jumat. 

“Dan sunnah memperbanyak berdoa pada hari Jumat karena berharap bertepatan dengan waktu ijabah.” (Jalaludin Muhammad bin Ahmad Al-Mahalli, Syarah Minhaj At-Thalibin, juz 1, hal. 334, Al-Hidayah)

Membaca Surat Al-Kahfi dan Yasin

Pastikan untuk memperbanyak membaca surat Al-Kahfi dan Yasin di hari jumat. Seseorang yang membaca surat Al-Kahfi di hari jumat, akan ada cahaya yang menyinarinya di antara dua jumat. Sedangkan siapa saja yang membaca surat yasin di hari jumat, Allah akan mengabukan permintaannya.

Perbanyak Berbuat Kebaikan

Amalan yang kelima adalah perbanyaklah berbuat kebaikan dan kebijakan. Segala amal baik yang dilakukan di hari jumat akan mendapat pahala yang setimpal bahkan berlipat ganda. Di antara banyaknya kebaikan, sedekah menjadi kebaikan yang terbaik yang bisa dilakukan di hari jumat. 

Itulah beberapa amalan yang sebaiknya diperbanyak perempuan di hari jumat. Semoga informasi ini bermanfaat. Mari sama-sama memperbanyak amal baik di hari jumat maupun di hari-hari lainnya.

#WomenForWomen

Loading