Sukses

Lifestyle

Lakukan 5 Kebiasaan Ini Untuk Hidup yang Lebih Produktif

Fimela.com, Jakarta Di era yang serba efektif dan efisien ini, hidup produktif adalah salah satu kiblat hidup ideal bagi kebanyakan orang. Dengan hidup produktif, seseorang dapat melakukan banyak hal dalam hidupnya tanpa membuang-buang waktu. Mereka dapat menikmati hidup sembari mencoba berbagai hal baru atau melakukan hal-hal yang mereka sukai.

Tetapi, jangan samakan hidup produktif dengan perilaku bekerja tanpa henti, ya! Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat kamu lakukan untuk hidup yang lebih produktif.

1. Buat rutinitas pagi hari

Memiliki rutinitas pagi hari dapat membantu seseorang untuk membangun mood di pagi hari. Coba buat rutinitas pagi hari yang dapat memancing antusiasmu dan membuat dirimu lebih fokus. Membuka hari dengan mengonsumsi makanan sehat atau meditas dapat menjadi pilihan untuk rutinitas pagi hari.

2. Hindari multitasking

Banyak orang mungkin beranggapan bahwa dengan melakukan banyak hal sekaligus sama dengan hidup yang semakin produktif. Tidak ada salahnya melakukan banyak hal sekaligus jika hal tersebut tidak membutuhkan tenaga dan konsentrasi penuh. Tetapi, untuk berbagai kegiatan yang membutuhkan tenaga dan konsentrasi penuh, akan lebih baik jika kamu menghindari kegiatan multitasking untuk hasil yang lebih optimal. Sebuah studi dari Stanford University menyebutkan bahwa kegiatan multitasking sebenarnya adalah kegiatan yang kurang produktif jika dibandingkan dengan melakukan berbagai hal satu per satu.

3. Jangan terpuruk karena kegagalan dan terlena oleh kesuksesan

Sangat wajar bagi seseorang untuk merasa sedih ketika gagal dan merasa senang ketika berhasil. Tetapi, kamu jangan pernah terlena dan berlarut-larut dengan perasaan dan emosi tersebut. Beri waktu dirimu untuk bersedih saat gagal, tapi jangan lupa untuk kembali bangkit dan berjuang. Begitu pula saat kamu berhasil, jangan lupa untuk memberikan apresiasi untuk dirimu sendiri. Tapi, kamu juga harus ingat bahwa ini baru satu dari sekian keberhasilan yang bisa kamu dapatkan dan kamu harus kembali berusaha serta berjuang untuk mencapai keberhasilan lainnya.

4. Jangan lupa beristirahat

Saat seseorang sedang dalam mode berapi-api dan bersemangat, sangat sulit untuk memberikan diri sendiri waktu untuk beristirahat. Ketika kamu berada di fase tersebut, kamu harus ingat bahwa fisik dan mentalmu membutuhkan istirahat. Tidak perlu tergesa-gesa. Kamu bisa memberikan sedikit waktu untuk dirimu sendiri. Saat beristirahat, kamu bisa kembali mengatur pernafasanmu, mengonsumsi makanan dan minuman yang kamu sukai, mendengarkan lagu, atau berjalan santai sambil menikmati lingkungan sekitar.

5. Belajar untuk menolak

Kebiasaan ini tidak hanya baik untuk kepercayan diri seseorang, tetapi juga baik untuk produktivitas seseorang dan mempertahankan hubungan yang sehat dengan orang lain. Ketika kamu tidak bisa menolak, kamu akan terus menerus melakukan berbagai hal yang tidak kamu sukai dan hal tersebut sama dengan tidak produktif. Jangan lakukan hal yang tidak kamu sukai dan tidak berhubungan dengan dirimu. Kamu bisa fokus pada dirimu sendiri agar menjadi lebih produktif.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

What's On Fimela
Loading