Sukses

Lifestyle

Pesan Untukmu yang Tumbuh dengan Toxic Parents, Semua Bukan Salahmu

Fimela.com, Jakarta Mempunyai anak adalah sebuah keputusan yang besar. Saat sepasang suami istri memutuskan untuk menjadi orangtua, mereka bertanggung jawab untuk memenuhi berbagai kebutuhan anak, seperti kebutuhan fisik serta afeksi. Seorang anak seharusnya tumbuh dengan kasih sayang penuh dari kedua orang tuanya, karena mereka memiliki hak untuk tumbuh dengan baik.

Tetapi sayangnya, tidak semua anak bisa merasakan hal tersebut. Anak tidak bisa memilih orang tua seperti apa yang akan melahirkan dan membesarkan mereka. Saat anak lahir dari orang tua yang tidak bertanggung jawab dan tidak bisa memenuhi kan serta kebutuhan mereka, maka hal tersebut dapat berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak.

Bukan salahmu dan tanggung jawabmu

Bagi anak yang dilahirkan dan dibesarkan oleh toxic parents, akan sulit menerima fakta bahwa orang tua mereka tidak seperti orang tua yang seharusnya. Anak akan mulai berpikir bahwa itu adalah kesalahan dan tanggung jawab mereka untuk merubah orang tuanya. Padahal kenyataannya, masalah dan tanggung jawab orang tua berada di orang tua itu sendiri, bukan anaknya. Jadi, berhenti merasa bersalah dan bertanggung jawab atas kondisi orang tuamu. Kesalahan ada pada mereka dan itu bukan menjadi tanggung jawabmu untuk merubah mereka. Tidak akan ada perubahan yang terjadi jika mereka tidak menyadari kesalahan mereka dan memiliki keinginan untuk berubah. Jadi, jangan bebani dirimu sendiri dengan berbagai rasa bersalah dan tanggung jawab yang tidak seharusnya kamu miliki.

Mereka bukan kunci kebahagiaanmu

Selain itu, kamu adalah satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas kebahagiaanmu sendiri. Bukannya membenarkan berbagai hal buruk yang telah dilakukan oleh toxic parents, tetapi saat kamu menjadikan toxic parents sebagai kunci kebahagiaanmu, maka kamu sama saja dengan memberikan mereka kontrol akan hidupmu. Sebagai makhluk sosial, tentu kebahagiaan kita dipengaruhi oleh berbagai hal diluar diri kita. Tetapi sebenarnya, kebahagiaan sejati selalu ada pada diri kita sendiri, bukan benda atau orang lain. Jadi, jangan pernah menyerah dan merasa kamu tidak akan pernah bahagia karena memiliki toxic parents. Kamu berhak dan pasti akan bahagia.

Saat luka yang ditimbulkan oleh orang tua sudah begitu banyak dan dalam, tidak ada salahnya meminta bantuan profesional untuk sembuh dan bangkit kembali. Jangan biarkan kesalahan orang tua dan luka masa lalu menghabat dirimu dari kebahagiaan dan menjalani kehidupan ini. Kamu pasti bisa melaluinya dan kamu pasti bisa bahagia.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading