Sukses

Lifestyle

5 Bukti Dirimu Sebenarnya Bahagia dengan Apa yang Dimiliki

Fimela.com, Jakarta Ada sebuah istilah menarik dari Tiongkok terkait kebahagiaan, yaitu xingfu. Xingfu (keadaan bahagia), mengutip buku The Atlas of Happiness, berasal dari kata xin, bahasa Mandarin yang artinya "beruntung", dan fu yang artinya "berkecukupan" atau "sekadar memiliki apa yang kau butuhkan dalam hidup".

Istilah xingfu berasal dari Dinasti Han, dinasti kekaisaran kedua Tiongkok yang memerintah dari 206 SM hingga 220 M. Secara lebih luas lagi, istilah ini mengacu pada kondisi kita harus bahagia dengan apa yang sudah kita miliki. Bisa jadi selama ini kita sudah bahagia dengan apa yang kita miliki, hanya saja kita belum cukup peka untuk menyadarinya. Secara umum, jika kamu memiliki sifat atau merasa punya jiwa seperti ini, maka sebenarnya kamu sudah punya kebahagiaanmu sendiri.

 

 

1. Murah Hati

Kamu punya kemurahan hati. Tidak egois hanya mementingkan diri sendiri. Kamu berupaya untuk senantiasa bersikap baik kepada orang lain. Ada jiwa dermawan juga di dalam dirimu yang membuatmu selalu tergerak untuk berbagi apa pun yang kamu punya kepada orang lain.

2. Toleran

Ada toleransi yang tinggi di dalam dirimu. Melihat perbedaan yang ada, kamu tidak langsung menyudutkan atau menghakimi. Kamu dengan hidupmu sendiri dan orang lain dengan hidupnya sendiri bisa hidup selaras, damai, dan berdampingan. Tidak ada keinginan untuk memaksa orang lain memilih jalan yang sama denganmu.

3. Tidak Ada Rasa Iri

Melihat orang lain bahagia, kamu ikut bahagia untuknya. Tidak ada rasa iri padanya. Tidak terobsesi berlebihan dalam membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kebahagiaan orang lain menjadi semacam inspirasi tersendiri bagimu untuk menciptakan kebahagiaanmu sendiri.

 

4. Senantiasa Bersyukur

Selalu ada rasa syukur yang terucap di bibirmu. Untuk setiap hal yang sudah kamu punya dan kini sedang dirasakan, kamu senantiasa bersyukur. Bersyukur semakin membuatmu makin bahagia dengan hidupmu sendiri. Makin banyak bersyukur, makin dalam ketenangan jiwa yang bisa kamu dapatkan.

5. Hadir Perasaan Cukup

Memang ada keinginan untuk memperoleh hal-hal yang lebih banyak. Ada keinginan untuk mewujudkan berbagai keinginan. Namun, sembari mewujudkan hal-hal lain, ada perasaan cukup yang senantiasa dirasakan. Ada perasaan bahwa segalanya sudah sesuai takaran dan porsinya, dan ini bisa membuat kita bahagia apa adanya.

Jadi, apakah kamu sudah cukup bahagia dengan yang kamu miliki sekarang? Semoga kita semua bisa menjalani hidup ini dengan bahagia, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading