Sukses

Lifestyle

Bingung Membuat Rencana di Jurnal? Berikut Tips Menentukan Goals saat Menulisnya

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup dan juga harapan masing-masing di masa mendatang. Banyak orang yang memikirkan masa depannya dan banyak juga yang menuliskan keinginannya atau impiannya di masa mendatang dalam jurnal hariannya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menyusun goals atau tujanmu di masa yang akan datang sehingga akan terealisasikan.

Metode yang akan digunakan dalam menulis goals atau tujuanmu di masa mendatang adalah metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time based).

Specific

Dalam menentukan goals atau tujuan di masa mendatang, kamu harus menentukannya secara spesifik dan tidak ambigu sehingga seiring berjalannya waktu, kamu dapat memilih jalan yang tepat untuk tujuanmu tersebut. Jika kamu suka menulis goalsmu di jurnal, maka tuliskanlah goalsmu secara spesifik dan jelas. Contohnya kamu ingin menjadi orang sukses, maka kamu perlu menuliskan dengan rinci sukses yang kamu inginkan seperti apa dan cantumkan profesi. Misalnya saya ingin menjadi orang sukses dengan membuat bisnis restoran.

 

Measurable

Dalam menulis goals, ada baiknya kamu menulis tujuan yang terukur. Ada baiknya kamu menyertakan jumlah dalam tulisanmu. Misalnya, dalam dua tahun ingin membuka cabang cafe yang banyak, maka kamu perlu menulis dengan detail jumlah dari banyak tersebut. Seperti dalam dua tahun kedepan, terdapat tiga cabang restoran di tiga kota yang berbeda. Hal ini akan mempermudahmu untuk mengevaluasi goalsmu di masa mendatang.

Achievable

Kamu perlu mengetahui kemampuan dirimu dan realistis dalam membuat sebuah goals. Ketika kamu membuat goals yang masuk akal dan kamu mampu untuk meraihnya, maka kemungkinan besar tujuan atau goalsmu dapat tercapai. Beda halnya ketika kamu membuat goals yang melebihi kapasitasmu dan tidak realistis, maka kemungkinan untuk tercapainya kecil.

Relevant

Ketika menentukan tujuan hidup atau goals, ada baiknya kaitkan goals satu dengan yang lain supaya jalan menuju goals utama menjadi lebih lebar. Contohnya dalam waktu tiga tahun ingin memiliki tiga restoran di tiga kota yang berbeda, namun ada goals juga pada tahun ini ingin liburan ke Eropa misalnya. Hal ini menjadi kurang relevan karena goalsnya adalah memiliki tiga restoran di tiga kota yang berbeda, bukankah lebih baik uang liburan tersebut dipakai untuk kepentingan restoran terlebih dahulu atau liburan dapat dilakukan di tahun ketiga setelah memiliki tiga restoran.

Time based

Melihat poin-poin di atas, dalam menentukan tujuan atau goals perlu dipahami bahwa setiap goals yang ingin dicapai harus memiliki target waktunya sehingga dapat menentukan ritme kerja atau usaha yang dilakukan. Selain itu menentukan time line juga akan membuat kamu lebih fokus dalam mencapai tujuanmu.

Semoga informasi ini membantumu.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading